Petugas TPS di Gowa Sediakan Cokelat untuk Pemilih Pemula

GOWA, INIKATA.co.id – Ada yang menarik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18, di Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Petugas di TPS tersebut menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula di hari pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Baca juga:

Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswi KKN di Maros Berakhir Damai

Puluhan cokelat batang yang disediakan petugas TPS dihiasi pita berwarna merah muda. Cokelat itu dibagikan setelah pemilih selesai mencoblos dan mencelupkan jari di botol tinta.

Petugas PPS Kelurahan Pandang-pandang, Lili Ernayanti, mengatakan mereka sengaja menyediakan cokelat batang bagi pemilih pemula sebagai penyemangat agar mereka datang ke TPS dan menyalurkan hak suara.

“Untuk pemilih pemula sebagai penyemangat. Kebetulan hari ini juga bertepatan valentine,” kata Lili kepada wartawan.

Selain menyediakan cokelat, petugas TPS 18 Pandang-pandang juga kompak mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar.

Petugas laki-laki mengenakan pakaian adat beruapa jas tutup lengkap dengan penutup kepala patonro, sedangkan petugas perempuan mengenakan baju bodo.

“Ini salah satu cara kami memperkenalkan dan melestarikan kearifan lokal Kabupaten Gowa,” tutur Lili.

Di TPS 18 Kelurahan Pandang-pandang, lanjut Lili, terdapat 256 daftar pemilih tetap (DPT). Waktu pencoblosan dibuka hingga pukul 12.00 Wita. Panitia juga melayani pemilih yang tidak menerima undangan memilih.

“Cukup membawa KTP dan melapor ke PPS,” jelas Lili.

Nurul Insania, salah seorang pemilih pemula yang mendapatkan cokelat batang, mengaku sangat senang dengan konsep yang dijalankan petugas TPS Pandang-pandang.

Menurut dia, hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda untuk datang ke TPS memberikan hak pilihnya.

“Senang sekali dapat cokelat,” katanya.