Bawaslu Sulsel Bantah Adanya Kertas Suara di Makassar Sudah Tercoblos

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Bawaslu Sulawesi Selatan membantah adanya informasi yang beredar di masyarakat terkait kertas suara untuk Pilpres 2024 telah tercoblos di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Koordinator Humas dan Data Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi Bawaslu Makassar terkait informasi adanya kertas suara di Pulau Kodingareng.

Baca juga:

Hujan Bansos Jelang Pilpres, Siapa Diuntungkan?

“Hoaks itu, karena sampai dengan sekarang Panwascam selalu standby hingga malam ini,” kata Alamsyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/2).

Pihaknya menegaskan sampai saat ini logistik Pemilu yang berada di kepulauan Kecamatan Sangkarrang dalam kondisi masih tersegel.

“Dipastikan (logistik Pemilu) masih dalam keadaan tersegel,” ujarnya.

Baca juga:

Bawaslu Umumkan 38 TPS Lebih di Sulsel Berpotensi Pemilihan Ulang

Sementara terkait logistik Pemilu berupa kotak suara yang ditarik ke kembali ke gudang KPU Makassar yang sebelumnya telah didistribusikan ke Kecamatan Sangkkarang, kata Alamsyah hal itu disebabkan karena belum dirakit sehingga harus dikembalikan.

“Logistik berupa kotak suara ditarik kembali ke Makassar, karena harus dalam bentuk rakitan kotak baru dikirim ke pulau dan hal ini kami juga butuh keterangan resmi dari KPU Makassar,” ungkapnya.

Terpisah, Komisioner KPU Makassar, Muh Abdi Goncing mengatakan bahwa terjadi kesalahan komunikasi terkait kotak suara yang tidak bentuk lebih dulu sebelum dikirim ke Kecamatan Sangkarrang.

“Tadi dipacking kemudian langsung (dibawa). Jadi yang tidak dipacking itu kita tarik, kemudian kita packing dan tadi sudah sementara perjalanan menuju Sangkkarang,” kata Abdi.

Saat ini, kata Abdi pengiriman ulang logistik tersebut dilakukan hari ini untuk pulau-pulau terdekat dari Makassar. Sedangkan untuk pulau yang jauh dijadwalkan akan dikirim pada esok harinya.

“Hari ini itu sampai di pulau yang terdekat dulu, untuk pulau terjauh besok kita distribusikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, informasi yang beredar di grup WhatsApp menyebutkan bahwa kertas suara untuk Pilpres telah tercoblos semua.

“Halooo…halooo…barusan sy dapat telpon dari anggota di Pulau kodingareng… Dia sampaikan kalau kertas suara capres untuk Pulau Kodingareng dibawa pulang ke Makassar karena setelah diperiksa kertas suara ternyata sudah tercoblos semua paslon nomor 2,”.

“Saya suruh cek temannya yang Pulau Barranglompo dan Barrangcaddi, rupanya sama semua. Dibawa kembali karena sudah tercoblos semua paslon no 2,” katanya.