Pekan Panutan Pajak, Sekda Luwu: ASN Harus Jadi Panutan

BELOPA, INIKATA.co.id – Pemerintah Kabupaten Luwu bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palopo menggelar Pekan Panutan Pajak di aula Kantor Perumahan dan Pemukiman, Rabu (7/2).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H. Sulaiman ditandai dengan pemukulan gong didampingi Kepala KPP Pratama Palopo, Agung Pranoto Eko Putro.

Baca juga:

Gubernur Andi Sudirman Disebut Paling Peduli Kondisi Luwu

H. Sulaiman mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur, bantuan sosial masyarakat, sarana pendidikan dan kesehatan serta pelayanan yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat merupakan sebagian kecil program yang bersumber dari pajak.

“ASN harus jadi panutan. Informasi ini harus tersampaikan secara masif kepada masyarakat dan wajib pajak lainnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran terhadap pajak yang dibebankan kepada kita semua,” kata H. Sulaiman.

Diungkapkan, realisasi pajak yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Luwu terus mengalami peningkatan dari 5 tahun terakhir sejak tahun 2019.

“Realisasi pajak daerah tumbuh dari Rp25,5 miliar lebih pada tahun 2019 naik menjadi Rp50 miliar lebih pada tahun 2023,” ungkapnya.

Dijelaskan, pekan panutan pajak merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa seluruh unsur pemerintah daerah adalah pelopor dan panutan dalam melaporkan pajak secara tepat waktu dan tepat jumlah.

Sementara, Kepala KPP Pratama Palopo, Agung Pranoto Eko Putro menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Luwu.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Luwu atas penyelenggaraan pekan panutan pajak ini semoga dalam waktu dekat bisa melaporkan SPT tahunannya,” ujar Agung Pranoto.

Atas dukungan dan kerja sama Pemerintah Kabupaten Luwu, KPP Pratama Palopo pada tahun 2023 mengamankan penerimaan sebesar 103 persen dari target yang ditetapkan. (Arif)