LPJ Tahun 2023 Belum Rampung, Dana BOS Tahap I Ratusan SD di Luwu Belum Cair 

BELOPA, INIKATA.co.id – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap I tahun 2024 sudah cair. Dana itu sudah ditransfer oleh pemerintah pusat ke rekening masing-masing sekolah di Kabupaten Luwu yang telah memasukan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengunaan anggaran BOS tahap III tahun 2023.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Padri Noor Padelang.

Baca juga:

Pemadam Listrik Berkepanjangan, Pengamat: Perputaran Ekonomi Mandek, Investor Takut Masuk

“Dana BOS sudah cair bulan Januari. Dari 224 SD, ada 100 SD lebih dana BOS nya sudah ditransfer ke rekening sekolah masing masing. Selebihnya terkendala LPJ pengunaan anggaran tahun 2023 diselesaikan,” kata Padri Noor Padelang, Selasa (6/2/2024).

Padri mengungkapkan adanya sekolah yang belum menuntaskan LPJ sebagian disebabkan menunda menyelasikan administrasi saat melakukan transaksi pembayaran yang menggunakan dana BOS.

“Harusnya selesai transaksi ,administrasi dikerjakan, jangan ditunda-tunda” jelasnya.

Baca juga:

Inspektorat Sulsel Usut Dugaan Penyelewengan Dana BOS, Buntut Kepsek SMA 17 Didemo Siswanya

Pihaknya menekankan, kepada seluruh Kepala Sekolah (SD) akhir bulan Februari tersebut sudah merampungknan 100 persen LPJ pengunaan anggaran sehingga keperluan belanja sekolah secepatnya bisa dapat terpenuhi di semester I tahun 2024.

“Akhir bulan LPJ sekolah semuanya harus rampung. Jika tidak, maka kita dari Dinas akan memberikan sanksi kepada sekolah tersebut,” pungkasnya. (Arif)