Antisipasi Bau Tak Sedap di Musim Hujan, Pemkot Lakukan Penimbunan TPA Tamangapa

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya membenahi area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar Ferdy Mochtar mengatakan, kondisi TPA Tamangapa saat ini lebih tertata dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:

Jadi Wali Kota, Danny Pomanto Akui Pernah Hidup di 4 Alam

“Pengelolaan TPA saat ini telah terorganisir dengan baik,” kata Ferdy, sapaan akrab Ferdy Mochtar Rabu (7/2/24).

Ferdy mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melakukan penimbunan di area TPA non aktif, untuk mencegah penyebaran bau tak sedap.

Apalagi di musim penghujan, bau tak sedap yang berasal dari di TPA, kerap mengganggu aktivitas masyarakat yang bermukim di wilayah Tamangapa.

Baca juga:

Gubernur Sulsel Tuntaskan Perbaikan Ruas Jalan di Antang yang Rusak Berat Beberapa Tahun

“TPA yang sudah tidak aktif lagi sudah di cover soil, yang zona aktif juga dilakukan cover soil. Ada sekitar 500 truk timbunan sudah masuk. Alhamdulillah progres yang sangat positif. Ada taman juga, kita sudah bisa selfie di situ,” ucap Ferdy.

Begitu pun dengan Kolam lindi. Kolam yang berfungsi sebagai wadah untuk memfilter limbah cairan kotor di TPA kata dia, telah diuji di laboratorium dan tersertifikasi.

Ia menambahkan, proses pengomposan sampah telah aktif berjalan. Pengolahan gas metania juga telah dimanfaatkan oleh sekitar TPA sebagai bahan bakar memasak.

“Administrasi pembukuan TPA mulai dirapikan. Pengolahan gas metania juga telah dipakai oleh warga untuk memasak,” ucap Ferdy. (C/Mawar)