Antisipasi Kejahatan Phising, Kominfo Makassar Goes to School Hadir di SMP 1 Makassar

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar melaksanakan program “Diskominfo Goes to School”. Program rutin ini menyasar para pelajar di sekolah-sekolah, khususnya Kota Makassar.

Diskominfo Makassar Goes to School kali ini digelar di SMP 1 Makassar. Kepala Bidang Persandian Diskominfo Makassar, Abram mengatakan, program tersebut merupakan upaya meningkatkan literasi digital bagi pelajar dalam mengantisipsi kejahatan dunia maya.

Baca juga:

Sukses Terapkan Sistem Digitalisasi, Pemkot Makassar Terima Apresiasi dari Tempo

“Perkembangan teknologi telah membuka ruang digital yang semakin luas dan dampaknya tidak bisa dipungkiri, kita pun hadir untuk ikut serta membangun kesadaran diri bagi peserta didik dalam memilah informasi di dunia maya,” ucapnya saat melakukan sosialisasi di SMP 1 Makasaar. Senin (5/2/2024).

“Literasi terkait cara mengakses sesuatu di internet dan aktivitas sosial media juga menjadi hal penting yang kita sosialisasikan. Ada yang namanya kejahatan cyber yaitu phising dan itu sering terjadi apabila tidak hati-hati,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMP 1 Makassar, Arniati Rasyid menuturkan bahwa kehadiran Diskominfo Makassar sangat bermanfaat, mengingat hampir seluruh peserta didik telah menggunakan perangkat digital.

Baca juga:

Mulai Hari Ini Siaran TV di Makassar Dialihkan ke Digital, Kementerian Kominfo Bagikan 3000 STB Gratis

“Kami sangat berterimakasih atas kedatangan Diskominfo Makassar, ini sangat tepat. Hampir seluruh murid kita memiliki smartphone, edukasi sangat dibutuhkan bahkan bagi kami guru-guru,” ucapnya saat menyambut rombongan Diskominfo Makassar.

Adapun jenis-jenis kejahatan phising yang di paparkan tim Diskominfo Makassar pada kesempatan itu yakni, phising berkedok hadiah, undangan pernikahan, dana bantuan, dan phising berkedok tagihan belum dibayar/bank. (**)