4621 Jemaah Telah Lunasi Biaya Haji, Sulsel Masuk 10 Besar Pelunasan Nasional

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1445 H/2024 M tahap I dibuka sejak 10 Januari 2024 untuk Skala Nasional. Hingga Kamis (1/2/2024) hari ini, sudah lebih 113 ribu jemaah haji reguler yang melakukan pelunasan.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Ikbal Ismail mengatakan, untuk Provinsi Sulsel sudah ada 4621 jemaah haji yang sudah melunasi.

Baca juga:

Dihadiri Wabup Lutim dan Walikota Makassar, FGD dan Bukber Warga Lutim di Makassar Berlangsung Meriah

“Alhamdulillah, khusus untuk Sulsel, jemaah haji yang melunasi biaya haji berdasarkan data per Tanggal 31 Januari 2024 sudah ada 4621 jemaah atau sudah 61,57 Persen dari 7740 kuota Jemaah Haji Sulsel Tahun ini,” kata Ikbal, Kamis (1/2).

Lanjut Ikbal, ini progres yang cukup baik, apalagi dengan jumlah demikian, Sulsel sudah masuk dalam posisi 10 besar jumlah pelunasan haji secara nasional.

“Semoga Jemaah haji kita yang sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan pelunasan biaya musim haji tahun ini, bisa segera melakukan pelunasan,” tukasnya.

Baca juga:

Projo Sulsel Dirikan 2000 Posko Pemenangan, Blusukan hingga ke Desa-desa

Menurut mantan Kepala UPT Asrama Haji Makassar ini, mulai tahun ini, memenuhi syarat Istitha’ah kesehatan menjadi salah satu persyaratan bagi jemaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan untuk melunasi Bipih.

“Sampai hari ini, untuk Sulsel tercatat ada 5583 jemaah yang sudah periksa dan memenuhi syarat istithaah kesehatan, sedangkan jemaah haji yang masuk kategori cadangan berjumlah 806 orang” sebutnya.

“Bila jemaah haji yang masuk kategori pelunasan pertama, tidak melakukan pelunasan sampai dengan tanggal 12 Februari 2024, maka secara otomatis jemaah tersebut masuk dalam prioritas pemberangkatan untuk tahun berikutnya,” tambahnya.

Dia menyampaikan, jemaah yang sudah melakukan pemeriksaan dan memenuhi syarat istitha’ah kesehatan, dapat melakukan pelunasan Bipih. (C/Fadli)