Danny Target Serapan Anggaran Tahun Ini Capai 100 Persen

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan kepada seluruh SKPD dan jajarannya agar mengoptimalkan serapan anggaran.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto menargetkan serapan anggaran pemerintah kota bisa mencapai 100 persen tahun ini.

Baca juga:

Wawali Tangerang Selatan Merasa Takjub Dengan Kuliner Makassar

“Jadi pada tahun ini, mempersiapkan dua program yang harus jelas. Pertama serapan anggaran mencapai 100 persen dan kedua, PAD diharapkan mendekati Rp2 triliun,” kata Danny Pomanto, Rabu (31/1/24).

Danny mengungkapkan, adanya sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) diakhir tahun, disebabkan oleh prinsip kehati-hatian yang dilakukan SKPD dalam menjalankan proyek-proyek besar.

“Silpa lebih kurang dari silpa sebelumnya, padahal proyek-proyek tertentu itu besar, itu artinya sebenarnya kan kadang-kadang proyek besar yang nilainya Rp200 miliar sampai Rp400 miliar itu terkendala pada ke hati-hatian yang berlebihan, jadi ada ketakutan,” kata Danny.

Baca juga:

Dinkes Sulsel Siapkan Layanan Kesehatan di Puluhan Ribu TPS Pemilu

Kendati begitu, Danny mengatakan tolak ukur keberhasilan suatu pemerintahan tidak hanya dilihat dari serapan anggaran semata.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meningkat kata Danny, juga menjadi indikator keberhasilan suatu daerah.

“Nah ukurannya di mana? bagus atau tidak bagus, ukurannya kita lihat ada pada PAD, PAD kita meningkat dari Rp1,3 triliun jadi Rp1,6 triliun naik Rp300 Miliar, itu tidak gampang dalam kurun satu tahun,” ujarnya.

“Di tempat lain, di kota-kota maju naiknya hanya Rp100 Miliar. Kita loncat Rp300 Miliar. Maka saya prediksikan di tahun 2024 ini naik mendekati Rp2 triliun,” pungkasnya. (C/Mawar)