Deklarasi Pemilu Damai, Ketua DPRD Sulsel Minta Jangan Intervensi Pilihan Murid

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Ketua OSIS Se-Sulsel bersama dengan Forkompinda Sulsel dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Sulsel, kompak menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024).

Seluruh Ketua OSIS se-Sulsel ini dari SMA, SMK dan SLB dianggap bisa menjadi pelopor Pemilu Damai 2024 ini. Sekaligus bersama-sama mencegah hoaks dan informasi yang tidak benar.

Baca juga:

Pemprov dan DPRD Sulsel Menyetujui APBD Perubahan TA 2023

Ketua DPRD Sulsel, Ina Kartika Sari melihat momen deklarasi ini untuk mendorong para pelajar SMAN, SMK, dan SLB sebagai pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin dan tanpa intervensi.

“Kepada kepala sekolah saya meminta jangan pernah intervensi siswanya, biarkan mereka memilih putra-putra daerah terbaik untuk menjadi Pemimpin Bangsa dan memilih wakil wakil rakyat, hingga kepala daerah di daerahnya masing-masing,” ujar Ina Kartika.

Ia juga meminta agar para murid untuk tidak golput dalam pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang. Demi mewujudkan pemilu yang berkualitas.

Baca juga:

Kelurahan Lakkang Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2024

“Mari kita mewujudkan pemilu dan pemilihan serentak 2024 yang berkualitas, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil) di Sulsel,” sambungnya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan kepada para murid dan guru agar selalu bijak dalam menggunakan media sosial, serta tidak menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau hoaks, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian terutama di momen paling politik.

Sementara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, berharap para murid dapat benar benar menyalurkan hak pilihnya.

“Anak-anak ku sekalian adalah pemilih pemula yang akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu nantinya. Saya berharap semua betul-betul menyalurkan hak pilihnya dan bisa memilih pemimpin untuk bangsa kita,” ungkapnya.

Ia memastikan, di Sulsel tidak ada daerah kerawanan Pemilu khusus 2024 ini. Namun diharapkan agar dengan hadirnya anak-anak peserta didik memberikan hak pilih dan mendukung partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini.

“Kita berharap pada saat Pemilu nantinya akan meningkat partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula di Sulsel. Pada tahun 2019, 83 persen partisipasi pemilih, diharapkan tahun ini naik partisipasi pemilih di Sulsel,” pungkasnya.

Adapun isi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Pelajar SMA, SMK, SLB, se-Sulsel:

Kami siswa dan siswi putih abu-abu SMA SMK SLB se Sulawesi Selatan, menyatakan,

1. Ikut bersama-sama mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

2. Ikut bersama mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi sara, dan politik uang.  (B/Fadli)