Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Makassar Hadirkan Program 10 Ribu Skill

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya menekan angka pengangguran di kota Makassar.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Nielma Palamba, menargetkan angka pengangguran di kota Makassar bisa berkurang 1 digit, yakni di angka 9 persen.

Baca juga:

Sabtu Bersih, Kelurahan Tamangapa-Biring Romang dan UPT TPA Bersihkan Area Sekitar TPA

Untuk itu, di tahun 2024 ini, pihaknya bakal menghadirkan program 10 ribu skill training gratis. Program ini kata dia, akan memberikan pembekalan dan kemampuan daya saing sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Kita lakukan pemetaan kebutuhan lapangan kerja. Apa yang dibutuhkan perusahaan itulah dibuatkan pelatihan. Konten kreator, video editing, dan digital marketing. Job ini, banyak dibutuhkan,” ungkap Nielma, Minggu (28/1/24).

Berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, tingkat pengangguran terbuka di Kota Makassar di tahun 2023 berada di angka 10,60 persen.

Baca juga:

Terobosan di Akhir Tahun 2022, Pemkot Makasar Beri Layanan Khusus bagi Difabel Pencari Kerja

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 yakni sebesar 11,68 persen dan di tahun 2021 yakni 13, 18 persen.

“Jumlah pengangguran di Kota Makassar saat pandemi Covid-19 meningkat drastis di angka 25,92 persen. Itu terjadi karena ada sebanyak 6000 pekerja yang di PHK dan di rumahkan pada pandemi Covid-19. Kita berhasil turunkan selama 2 tahun ini, semoga tahun 2024 turun menjadi 1 digit di 9 persen,” ucap Nielma.

(C/mwr)