Genk Z Dalam Politik Bulukumba

BULUKUMBA, INIKATA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menetapkan 340.541 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. DPT ini mengalami peningkatan jika dibandingkan pemilu 2019 lalu yang hanya di angka 304.217.

Dari total DPT yang ada di Bulukumba, sebanyak 87.917 pemilih masuk dalam kategori pemilih millenial dan menjadi penyumbang ke tiga setelah Makassar dan Bone.

Baca juga:

Kampung Wisata Batik Kauman: Menghadapi Tantangan Fast Tourism di Era Digital

Hal ini sangat menarik, karena dari jumlah DPT di Bulukumba sekitar 20% pemilih dikuasai oleh pemilih milenia atau yang sering disebut genk Z yang kini dijadikan objek oleh para politisi untuk meraup suara.

Melihat data diatas, sebagai pemilih pemula genk Z ini perlu diberi pembelajaran politik agar tidak menjadi objek oleh para politisi dengan menjadikan mereka sebagai pemilih yang cuma berorientasi duit (uang).

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, seharusnya mampu menjadi motor perubahan dalam politik guna menentukan arah dan masa depan bangsa ini.

Terkait dengan munculnya cawapres milenial seharusnya mampu memberikan pandangan bahwa “Dia” menjadi cawapres memang dalam kapasitas yang mumpuni dalam hal pemikiran dan ilmu bukan karena faktor “ordal” Apalagi faktor Kelebihan materi.

Dalam hal ini kita harapkan pemilih genk Z mampu menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan masa depan bangsa kedepan.

“Bila engkau mau melihat cerminan pemimpin mu, maka bercermin lah bagaimana masyarakat mu”. (*)

Penulis: Akhmad Irfan Puang Manai
Caleg DPRD Kabupaten Bulukumba