Sebanyak 28.028 Petugas KPPS Pemilu di Makassar Dilantik

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Sebanyak 28.028 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar di Hotel Claro, Kamis (25/1/2025). Mereka yang dilantik nantinya akan bertugas di 4004 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar.

“Sebanyak 28.028 orang KPPS yang dilantik untuk 5 sesi di 5 ruangan juga,” kata Komisioner KPU Makassar, Muh Abdi Goncing, Kamis (25/1/2024).

Baca juga:

Pengamat: Golkar Menjadi Kunci Stabilitas Politik Rezim Prabowo-Gibran

Abdi menyebutkan pelantikan kali ini berbeda dengan pelantikan sebelum-sebelumnya. Dimana biasanya yang dilantik hanya satu orang perwakilan yang menjadi Ketua KPPS.

“Kalau sekarang semua kita lantik, kita ambil sumpahnya dan nanti sebelum TPS dibuka 7 orang KPPS itu akan kembali membacakan sumpah dan janjinya sebagia tugas TPS,” kata Abdi.

Pihaknya memastikan, mereka yang berhasil lolos dalam seleksi KPPS adalah orang-orang yang memiliki integritas dan bisa menjalankan tugas. Setelah pelantikan ini, akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Baca juga:

Kecamatan Tamalate Gelar Tabligh Akbar Wujudkan Pemilu Damai 2024

“Semua yang kami lantik betul-betul mempunyai integritas dan bisa menjalankan tugas. Besok kita sudah mulai Bimtek sampai tanggal 31 Januari untuk memastikan seluruh KPPS bisa mempertanggung jawabkan segala pengetahuannya terkait kepemiluan,” bebernya.

Adapun pelantikan dilaksanakan di hotel dengan mempertimbangkan kondisi cuara saat ini yang tidak menentu.

“Yang peserta kita pertimbangkan karena ini musim hujan. Teman-teman ada melaporkan agak kesulitan mendapatkan lokasi pelantikan. Apalagi ada kelurahan yang jumlah KPPSnya banyak. Misalnya seperti Biringkanaya yang terbanyak ada 500 orang. Itu yang menjadi salah satu kendala,” pungkasnya.