Karo SDM Minta Polwan Polda Sulsel Bijak Bermedia Sosial

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulsel Kombes Pol Aris Haryanto menyampaikan arahan kepada 1081 Polwan di Aula Mappaodang Polda Sulsel, Rabu (24/1) agar bijak dalam menggunakan sosial media.

Diketahui jumlah Polisi Wanita Polda Sulsel terdiri dari 38 berpangkat pamen, 120 berpangkat pama dan 860 berpangkat bintara.

Baca juga:

Selama Empat Hari di Makassar, Bima Arya Sebut Danny Pomanto Selalu Spektakuler

Hal itu ditekankan Kombes Aris lantaran jika Polwan atau personelnya tak bijak menggunakan sosial media dapat merusak citra dari institusi polri.

“Saya ingatkan kepada seluruh Polwan yang hadir, hati-hati dalam sosial media. Karena nila setitik, bisa merusak susu sebelanga. Satu kesalahan yang dilakukan oleh segelintir oknum, dapat menjadi framing sebuah institusi dan berdampak buruk terhadap pribadi dan organisasi apalagi saat ini kita berada dalam operasi mantab brata yang rentang akan dipelintir terkait kenetralan dan gaya polri pada pemilu 2024″ kata Karo SDM saat memberikan paparan.

“Stigma dimunculkan sebab kemajuan teknologi turut andil mempercepat tersebarnya berita negatif ke seluruh nusantara,” sambungnya.

Ia berharap, ke depannya polwan dapat berpenampilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, rutin dalam melakukan kegiatan sosial di masyarakat.

Olehnya itu dirinya mengajak agar seluruh personel polwan Polda Sulsel dapat menarik simpati masyarakat terhadap Polri.

“Mari kita sama-sama merebut kembali simpati dan kepercayaan masyarakat terhadap Institusi Polri khsuus Polda Sulawesi Selatan yang kita cintai ini, karena Polwan adalah simbol humanis di tubuh Polri yang sangat memiliki peran dalam mengangkat citra Polri ditengah-tengah masyarakat” tandasnya.

Disela paparannya, Karo SDM Polda Sulsel menekankan 7 Atensi yang harus dilaksanakan seluruh Polwan Polda Sulsel diantaranya :

1. Tidak menampilkan gaya hidup mewah / lifestyle dalam berkehidupan sehari-hari.

2. Merespon berbagaj keluhan masyarakat dan proaktif membuka akses pelayanan secara humanid.

3. Meningkatkan dan menjaga sinergitas serta kekompakan antara TNI/Polri dimanapun bertugas.

4. Melakukan penegakan hukum secara terukur dan teratur tanpa adanya tebang pilih dalam penanganan kasus.

5. Lakukan komunikasi publik dengan baik dengan seluruh elemen masyarakat, dengar dan bantu keluhan masyarakat yang membutuhkan.

6. Berhati-hati dalam bermedia sosial, selalu memantau pemberitaan negatif bukan malah menjadi bagian dari pemberitaan miring pada medoa sosial yang berdampak pada institusi.

7. Berpenampilan baik dalam melaksanakan tugas dan lakukan apa yang disukai masyarakat jangan apa yang tidak disukai masyarakat.

Diakhir sambutannya Karo SDM Polda Sulsel juga mengucapkan apresiasi atas prestasi yang telah ditoreh oleh personel Polwan Polda Sulsel yang mampu mengangkat nama baik Polda Sulsel di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Terimakasih dan apresiasi saya ucapkan kepada seluruh Polwan yang telah menorehkan prestasi dikancah nasional maupun internasional, kita semua bangga dan mari terus sebarkan kebaikan dan torehkan prestasi yang dimiliki untuk Polda Sulawesi Selatan yang kita cintai bersama,” tutup Kombes Aris. (C/Qadri)