Hari Ini Terakhir Usulan Formasi Kuota CPNS dan PPPK Tiap OPD Pemprov Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan pengusulan kebutuhan ASN tahun 2024 dijadwalkan akan dibuka sampai dengan 31 Januari 2024.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemprov Sulsel melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyampaikan bahwa batas usulan formasi tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk CPNS dan PPPK terkahir Selasa (23/1/2024) hari ini.

Baca juga:

Jumlah Pemudik Tahun Ini Diprediksi Capai 136,7 Juta Orang, Korlantas Siapkan Pemetaan Hambatan

“Kita masih tunggu, batas waktu maksimal itu 23 Januari, kita kumpulkan review dulu apakah sudah sesuai baru kita usulkan selambat lambatnya 31 Desember,” kata Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian, BKD Sulsel, Yessy Yoanna Ariestiani saat ditemui di ruangannya, Senin (22/1/2024).

Yessy menjelaskan, sebanyak 42 OPD lingkup Pemprov Sulsel berkewajiban mengusulkan formasinya ke BKD. Dia menyebut tidak ada jumlah yang dibatasi dalam tahapan pengusulan.

“Semua OPD mengusulkan betul tanpa terkecuali, kita yang review apakah usulannya sudah sesuai apakah sesuai dengan jumlah dan lain-lain formasinya,” jelasnya.

Baca juga:

Elektabilitas Tembus 53,5 Persen, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Terbuka Lebar

Awalnya kata dia, setelah menerima surat dari Kemenpan RB, pihaknya langsung tindak lanjut surat ke masing-masing OPD untuk mengusulkan formasi.

“Kita sudah disurati oleh Menpan untuk melengkapi atau mengusulkan formasi CASN selambat lambat 31 Januari, 31 Januari itu kolektif keseluruhan kami itu bersurat ke masing masing OPD tahapannya ini masih pengusulan,” tandasnya.

Yessy mengaku bersyukur karena formasi CPNS dan PPPK kali ini cukup banyak. Sehingga peluang untuk menjadi abdi negara terbuka lebar. Bahkan seperti tenaga honorer Satpol PP pun rekrutmennya terbuka.

“Selain itu juga memang peran-peran non ASN ini juga sangat supporting lah dalam tugas tugas di OPD OPD masing-masing memang dibutuhkan cuman kemarin kemarin masih cukup sempit untuk pengadaan, tahun ini alhamdulillah luar biasa kebijakan dari pusat,” bebernya.

“UU No 20 tahun 2023 amanahnya melakukan penataan ASN yang saya lihat diimplementasikan dalam kebijakan kebijakan yang lebih longgar dalam pengadaan ASN tentu inilah yang bisa kita maksimalkan,” sambungnya.

Setelah BKD Sulsel menerima jumlah kuota, pihaknya tidak sepenuh menerima semua kuota. Karena harus mempertimbangkan sesuai dengan kuota dan kekuatan anggaran. Kemudian diserahkan ke Kemenpan RB untuk ditindak lanjuti.

“Nanti di review Kemenpan RB, kalau mereka sudah ACC, kita kembalikan kepada kami nanti tahapan lagi disini baru diputuskan itulah formasi yang disetujui CASN,” tukasnya.

Olehnya itu, dia berharap agar semua OPD dapat mengajukan semua kuota sesuai dengan batas waktu diberikan di akhir bulan ini. “Terakhir besok (hari ini), semoga semua on time,” pungkasnya.

Sebelumnya, anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PKB Irwan Hamid mendorong agar aturan dari pusat untuk merekrut Satpol PP menjadi PPPK dapat terlaksana.

“Ini aspirasi tolong disampaikan ke Gubernur terkait perekrutan Satpol PP yang menjadi perhatian kami,” ujar Irwan.

Apalagi jumlah Satpol PP di lingkup Pemprov Sulsel kata Irwan Hamid hampir mencapai 500 orang. Mereka perlu atensi serius dari pemerintah. (B/Fadli)