Pemprov Sulsel Buka Suara Soal Anggaran Sewa Mobil Senilai Rp3,9 Miliar

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Mobil sewa Biro Umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berjenis Pajero dengan biaya per bulan sebesar Rp17 juta per mobil jadi sorotan publik.

Diketahui, total anggarannya mencapai Rp3,9 miliar di APBD 2024 untuk 15 buah mobil. Kendaraan yang disewa melalui e-purchasing dengan tahun penggunaan Januari hingga Desember 2024 mendatang.

Baca juga:

Gubernur Andi Sudirman Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia

“Kita sewa per bulan, yang sekarang ini yang 2024 untuk satu tahun ini ada 15 unit. Satu mobil untuk Pajero itu kita rental Rp17 juta lebih. Ada anggarannya per tahun,” jelas Kepala Biro Umum Sulsel Andi Ikhsan, Kamis (18/1/2024).

Ikhsan menjelaskan, mobil sewa ini sengaja dirental untuk kebutuhan operasional dan kunjungan pmimpan. Sekaligus kesiapan transportasi untuk tamu dari pemerintah pusat.

“Untuk kunjungan-kunjungan pimpinan to, biasanya orang-orang kementrian dirjen atau menteri yang datang tiba-tiba butuh dua atau tiga mobil kita siapkan,” terangnya.

Dia mengatakan, rental transportasi seperti ini bukan lagi hal yang baru. Karena hampir di kementrian juga lakukan hal yang sama. Begitu pula di organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kemudian juga rental ini di kementerian semua pakai rental. Pemerintah pusat rental semua rata-rata, sudah lama ini. Di sekretariat pimpinan, kalau di OPD-OPD lain itu dia rental sendiri juga. Jadi beda , banyak itu dinas-dinas yang rental juga . Kalau kami kan khusus sekretariat saja,” ucapnya.

“Bukan hanya biro umum yang rental tapi dinas lain pun adakan rental,” tambah dia.

Menurutnya, rental seperti ini selain memudahkan kegiatan kunjungan pimpinan. Anggaran yang dikeluarkan pun tidak terlalu makan biaya karena jika ada kerusakan pada kendaraan itu ditanggung langsung oleh pihak ketiga.

“Jadi rental itu kemudian kalau ada yang rusak itu langsung penyedia yang ganti oli dan lain-lain dia yang tanggung,” tandasnya. (C/Fadli)