Cuaca Ekstrem, PLN Bakal Padamkan Listrik Saat Terjadi Banjir

MAKASSAR, INIKATA.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) akan memadamkan listrik saat terjadi banjir.

Hal itu dilakukan lantaran beberapa hari terakhir Kota Makassar mengalami hujan dengan intensitas lebat bahkan menyebabkan banjir di beberapa wilayah hingga pohon tumbang yang mengenai tiang listrik.

Baca juga:

Dampak El Nino, Ditlantas Polda Sulsel Bagi Air Bersih di Makassar

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, pihaknya akan segera memadamkan aliran listrik untuk sementara. Setelah menerima laporan banjir dari warga, guna mencegah jatuhnya korban akibat sengatan listrik.

“Keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu saat hujan lebat dan mengakibatkan banjir, maka aliran listrik terpaksa dipadamkan sementara,” kata Andy saat dikonfirmasi inikata.co.id, Rabu (17/1) sore.

Sebab itu, pihaknya mengimbau kepada pelanggan PLN, pada saat terjadi hujan lebat hingga terjadi banjir agar segera mematikan perangkat elektronik.

Baca juga:

Jalan Poros Enrekang-Tana Toraja Terendam Banjir, Kemacetan Panjang Sempat Terjadi

“Apabila air sudah memasuki rumah, pelanggan diimbau segera mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) untuk menghindari bahaya tersengat listrik karena air merupakan konduktor listrik,” jelasnya.

Sebelumnya Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto akan menyurati pihak PLN terkait mitigasi bencana soal tiang listrik yang kerap menelan korban akibat sengatan listrik.

Kemudian yang setiap tahun yang ada korbannya itu listrik, yang tersengat listrik di itu yang besinya (tiang),” ujar Danny Pomanto saat gelar apel siaga bencana.

“Nah ini saya minta izin surat ke PLN periksa semua tiang-tiang bersih karena itu punya kontribusi terhadap korban,” singkatnya. (B/Qadri)