Piala Asia 2023: Indonesia Kalah 1-3 dari Iraq

INIKATA.co.id – Pertandingan sengit antara Indonesia dan Irak pada penyisihan Grup D Piala Asia 2023 berakhir dengan keunggulan Irak 3-1. Meskipun Indonesia mencoba memberikan perlawanan, dominasi Irak terlihat tak terbendung sepanjang pertandingan.

Babak pertama dimulai dengan permainan hati-hati dari kedua tim, tanpa pressing yang terlalu tinggi. Namun, kekalahan konsentrasi sejenak pada menit ke-17 membuat Irak memimpin lewat gol Mohanad Ali. Meski Marselino Ferdinan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-36, gol dari Osama Rashid pada menit ke-45 +7 kembali menguntungkan Irak.

Baca juga:

Prediksi Prancis vs Polandia: Lewandowski dkk Tak Ingin Sekadar Numpang Lewat

Babak kedua dimulai dengan inisiatif serangan Irak yang langsung menekan pemain Indonesia. Pergantian pemain Indonesia pada menit ke-46, dengan Witan Sulaeman menggantikan Asnawi Mangkualam, belum mampu merubah keadaan. Meskipun gol dari Mohanad Ali dianulir karena offside pada menit ke-49, Aymen Hussein sukses mencetak gol pada menit ke-75, menjauhkan Irak dengan skor 3-1.

Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan, tetapi upaya yang dilakukan terbukti kurang efektif. Pergantian pemain hingga menit ke-88, dengan Sandy Walsh menggantikan Rizky Ridho yang cedera, tidak mampu mengubah dinamika pertandingan.

Meskipun Marc Klok mendapatkan kartu kuning pada menit ke-95 +5, Irak berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan.

Statistik pertandingan menunjukkan dominasi Irak dalam penguasaan bola, tembakan, dan akurasi passing. Indonesia hanya mampu menciptakan satu tembakan ke gawang Irak, sementara Irak berhasil mencetak tiga gol dari lima tembakan ke gawang lawan.

Statistik pertandingan Indones Irak

Ball possession

Indonesia 34%

Irak 6

Total tembakan

Indonesia 8

Irak 15

Tembakan ke gawang

Indonesia 1

Irak 5

Peluang emas

Indonesia 1

Irak 3

Akurasi passing

Indonesia 70%

Irak 86%

Pelanggaran

Indonesia 13

Irak 4

Sepak pojok

Indonesia 4

Irak 4

Meski hasil ini menunjukkan kegagalan Indonesia, pertandingan berikutnya akan menjadi peluang untuk bangkit. Irak, dengan permainan yang solid, menunjukkan bahwa mereka menjadi kekuatan yang harus diwaspadai di Piala Asia 2023.

Bagaimana langkah selanjutnya bagi Indonesia? Kita tunggu pertandingan selanjutnya menghadapi Vietnam 19 Januari 2023 untuk melihat peluang Indonesia untuk bisa lolos dari fase grup. (JawaPos/Inikata)