Lantik 106 Sekretaris Lurah, Danny: Kelurahan Menjadi Garda Terdepan Birokrasi

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melantik 106 Sekretaris Lurah (Seklur) di Tribun Lapangan Karebosi, Jalan Jendral Sudirman, Makassar, Selasa (15/1/2024).

Danny menyampaikan dengan pelantikan Seklur tersebut maka membuat satu struktural organisasi di Kelurahan menjadi lengkap.

Baca juga:

Mendagri Tito ke Wali Kota Danny: Kalau Pak Danny yang Buat Acara Selalu Ada Kejutan

“Bicara tentang sekretaris, itu berarti administrasi, kekuatan administrasi dari sebuah kelurahan dan kekuatan kelurahan menjadi frontliner atau front terdepan birokrasi,” kata Danny Pomanto saat memberikan arahan usai pelantikan.

Menurut Danny, kekuatan dari kelurahan merupakan pemimpin yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Seperti ketika terjadi masalah di masyarakat, maka kelurahan tempat masyarakat menyampaikan keluhannya.

“Kelurahan sebagai tempat curhat, tempat komplain dari masyarakat kepada pemerintah dan kekuatan kelurahan sebagai kekuatan sosial yang dimiliki oleh pemerintah kota Makassar karena para lurah lah sebenarnya yang memiliki rakyat,” jelas Danny Pomanto.

Baca juga:

Danny Titip Jagai Anakta Diperkuat di Pengukuhan Kerukunan Keluarga Besar Taman Makassar Indah

“Yang terpenting anda semua siap untuk bekerja di kelurahan anda,” sambungnya.

Danny juga menekankan bahwa keluruhan sebagai Front liner (Garda terdepan) Pemkot Makassar, olehnya itu administrasi dikelurahan perlu teratur.

“Maka saya berharap sebagai ujung tombak paling ujung, maka perekaman masalah administrasi-administrasi menjadi penting sekali,” tuturnya.

Sebab itu, Danny mengintruksikan kepada BKPSDMD Kota Makassar untuk membuat pelatihan khusus secara kelompok kepada para kepada para Kepala seksi (Kasi), dan Seklur.

“Sehingga saya akan meningkatkan kapasitas atau membangun kemampuan (kapasiti building), masing-masing bidang akan ditraining oleh SKPD yang bertanggung soal itu,” instruksi Danny Pomanto ke BKPSDMD Makassar.

Diakhir sambutannya, Danny menekankan bahwa akan banyak tugas yang akan dijalankan seperti persiapan Pemilu, olehnya itu Danny meminta loyalitas dari jajarannya untuk memberikan layanan ke masyarakat.

“Saya cuma minta satu loyalitas terhadap pemerintah kota menjadi hal utama dan pengabdian kepada masyarakat menjadi hal yang lebih utama,” pungkasnya. (C/Qadri)