Disdik Makassar Bakal Siapkan Unit Layanan Disabilitas Pendidikan

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar kini mempersiapkan pendirian Unit Layanan Disabilitas Pendidikan (ULDP).

Kadisdik Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim menyebutkan telah berkonsultasi dengan Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KNDRI) di Jakarta agar dapat segera diakses oleh penyandang disabilitas.

Baca juga:

Tingkat Perceraian ASN di Makassar Meningkat, BKPSDM : Sanksi Tegas Menanti Jika Tak Dapat Izin

“Pemkot Makassar melalui disdik sudah menyatakan kesiapan memberikan layanan yang inklusif dalam pendidikan. Kami telah sampaikan ke tingkat pusat,” ujar Muhyiddin Mustakim saat memberikan sambutan pada agenda silaturahmi Walikota Makassar (15/1) sore.

Menurut Muhyiddin, hal itu dilakukan agar regulasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar Nomor 90 tahun 2013 tentang Layanan Pendidikan Inklusif bisa terealisasi.

Sehingga melalui ULDP itu dapat mendorong kepada para penyandang disabilitas untuk memperoleh hak yang sama yakni mendapat pendidikan di berbagai jenjang pendidikan.

Baca juga:

Mensos Cek Kesiapan Venue Jelang Pertemuan AHLF tentang Penyandang Disabilitas di Makassar

Untuk itu, pihaknya mempersiapkan Unit Layanan Disabilitas Pendidikan yang akan menjadi pusat komunikasi, dukungan serta pengembangan layanan pendidikan inklusif.

“Semua ini sejalan dengan visi pendidikan Wali Kota Makassa Danny Pomanto, yaitu 18 Revolusi Pendidikan dengan slogan “Semua Anak Harus Sekolah”,” tegasnya.

Sehingga menurutnya, implementasi dari ULDP di Makassar akan menjadi pusat komunikasi dan penghubung antara masyarakat dengan dunia pendidikan.

“Serta menjadi ruang yang luas dalam mengembangkan metode layanan bagi anak penyandang disabilitas yang sesuaisesuai,”

Muhyiddin berharap agar mendapat dukungan besar dari masyarakat dengan cara melaporkan jika ada anak berkebutuhan khusus yang belum merasakan jenjang pendidikan

“Warga atau orang tua harus ikut andil dalam program walikota ini, sehingga semua bisa ter-cover dengan baik,” tuturnya.

(C/Qadri)