Soal Relawan Pindah Dukungan, Mahfud: Politik, Manuver-manuver Seperti Itu

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menanggapi terkait Relawan Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) yang beralih dan mendukung pasangan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

“Ya, nda apa-apa itu politik, manuver-manuver itu begitu. Ada yang dari sana berbondong pindah ke saya, ada yang dari saya pindah,” kata Mahfud usai menghadiri dialog ‘Bedah Gagasan dan Visi Calon Pemimpin Bangsa’ di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga:

TKN Prabowo-Gibran Tak Ambil Pusing Soal Sanksi DKPP Terhadap Ketua KPU

“Jangan anda hanya lihat satu dari sini pindah kesini,” tambahnya.

Sebelumnya, selain Relawan Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) yang beralih mendukung pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, Relawan Turun tangan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga mengalihkan dukungannya.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh kedua tim relawan saat mendatangi Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Jumat, (12/1/ 2024).

Baca juga:

Pelindo 4 Makassar Prediksi Lonjakan Penumpang Arus Mudik 2024 Tembus 114.348 Orang

Wakil Komandan TKN Golf (Relawan) Prabowo-Gibran, Ahmad Gojali Harahap mengaku gembira dengan banyaknya organisasi relawan yang akhirnya melabuhkan dukungan kepada paslon nomor urut 02.

“Akhir-akhir ini terutama setelah debat pilpres yang ketiga itu migrasi kepada pak Prabowo atau dukungan kepada pak Prabowo itu semakin hari semakin banyak dan mengalir terus,” kata Gojali dilansir dari Disway.id, Jumat (12/1/2024).

Gojali mengatakan, pihaknya sedang menyaksikan fenomena migrasi dukungan yang dilakukan sejumlah organisasi relawan kepada Prabowo-Gibran. Baru-baru ini, imbuh dia, TKN juga menerima dukungan dari Pendukung Anies-Muhaimin (PAM) dan Pejuang PPP.

Gojali optimistis, dengan semakin banyaknya organisasi relawan yang bergabung, Prabowo-Gibran dapat memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran. “Mudah-mudahan kehadiran teman-teman ini bisa menambah kekuatan kita menang sekali putaran,” kata Gojali.

Di forum yang sama, inisiator Gerakan Turun tangan Yogyakarta, Sanghyang Sukma Wahyu Abadi mengatakan alasan pihaknya mengalihkan dukungan ke Prabowo-Gibran.

Menurutnya, penampilan Anies Baswedan dalam debat capres ketiga yang menyerang Prabowo secara personal tidak mencerminkan jiwa kepemimpinan.

“Mungkin Pak Prabowo tidak pintar berdialektika, tetapi kami melihat Pak Prabowo melakukan baktinya kepada negeri ini dengan baik. Itulah salah satu alasan kami kenapa migrasi ke Prabowo-Gibran,” kata Sanghyang.

Sementara, Ketua Umum Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) Ahmad Muhdlor Ihsan, mengatakan pihaknya mengalihkan dukungan ke Prabowo-Gibran lantaran merasa tidak dihargai. Dia mengungkap kekecewaannya karena merasa telah berdarah-darah selama dua tahun mendungung Ganjar tapi tak pernah dianggap.

“Mohon maaf, kita sudah habis Rp2,2 miliar selama 2 tahun. Kenapa SGP menarik dukungan karena kami, ketua umum SGP dan seluruh jajaran pengurus se-Indonesia, merasa sudah diinjak-injak harga diri kita, kata Muhdlor.

Muhdlor menjelaskan, SGP telah dibubarkan pada 26 Desember 2023. Mereka kemudian membentuk Barisan Santri Indonesia (BSI).

“BSI barisan santri Indonesia bertekad bulat untuk memenangkan pasangan 02 Bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka satu putaran,” kata Muhdlor.