Antisipasi Bentrok dan Konvoi Pengantar Jenazah, Polres Luwu Bakal Aktifkan Pospol di Walmas

LUWU, INIKATA.co.id – Polres Luwu kembali menggelar Jumat Curhat di Walenrang – Lamasi (Walmas) yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Walenrang Timur, Jumat (12/1/2024).

Kapolres Luwu, AKBP Arisandi mengatakan fokus utama yang menjadi pembahasan dalam Jumat Curhat kali ini adalah terkait maraknya perkelahian pada beberapa kelompok remaja serta aksi penjemputan jenazah yang kerap meresahkan pengguna jalan lain di wilayah Walmas utamanya Walenrang Timur, Kabupateten Luwu.

Baca juga:

Mantapkan Persiapan Peringatan HJW ke-624, Duo Amran Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan

AKBP Arisandi menyampaikan pentingnya peran serta seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan yang dimulai dari keluarga sebagai lembaga sosial terkecil dan memiliki aturan-aturan yang juga harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga.

“Jadi jika terjadi suatu tindak pidana di masyarakat, perlu kita lihat kembali bagaimana pranata yang berlaku di dalam keluarga pelaku itu sendiri. Dan terkait perkelahian kelompok, saya rasa ini adalah orang-orang yang berupaya menghindari tanggung jawab pribadi sehingga melakukan pelanggaran namun berlindung dibalik identitas kelompoknya,” kata AKBP Arisandi.

Ia menambahkan, bahwa upaya solutif yang kemudian akan ditindaklanjuti jajarannya sesuai harapan masyarakat guna meminimalisir aksi tawuran atau perkelahian kelompok di sekitar lokasi tersebut adalah dengan mengaktifkan fungsi Pos Polisi (Pospol).

Baca juga:

Kapolsek Moncongloe IPDA Mansyur Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid BFM1

“Kita aktifkan Pospol yang akan berfungsi sebagai tempat koordinasi stakeholder terkait termasuk TNI-POLRI dan tokoh masyarakat di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Luwu AKBP (Purn) Herman Paral yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi kegiatan yang diadakan Polres Luwu yang telah proaktif dalam menampung, mendengarkan aspirasi dan menjawab keluh kesah dari masyarakat.

“Tentunya kita apresiasi langkah Polres Luwu dalam pelaksanaan kegiatan ini karena melalui kegiatan seperti ini keluh kesah masyarakat bisa tersalurkan,” singkatnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Walenrang Timur Nanang Irawan, Anggota DPRD Kabupaten Luwu Zeth Ida Parante, beberapa Pejabat Utama Polres Luwu, Para Kepala Desa se-Kecamatan Walenrang Timur, Babinsa dari Kodim 1403, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh wanita Walenrang Timur. (Rif)