Anies Kaget Presiden Jokowi Tanggapi Debat Capres

INIKATA.co.id – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku kaget dengan sikap Presiden Jokowi yang memberikan komentar terkait debat calon presiden yang berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024 lalu.

“Saya malah agak terkejut Pak Presiden kok berkomentar soal debat ya? Jadi saya tidak mau berkomentar terlalu banyak, biar publik saja nanti yang menilai,” kata Anies, Selasa, 9 Januari 2024.

Baca juga:

Mahfud MD soal Ketimpangan Hukum di Indonesia: Mafia, Strateginya Harus Disikat

Meski demikian, Anies membantah pandangan Jokowi yang menilai perdebatan malam itu disebut banyak menyerang pribadi capres lain.

Menurutnya, apa yang ia tanyakan saat debat kemarin merupakan kebijakan yang dilakukan Menteri Pertahanan, bukan menyerang sosok Prabowo.

“Malah aneh kalau dipandang sebagai personal, ini sama sekali tidak ada yang personal, semuanya adalah tentang kebijakan. Bisa direview ulang kok apa yang kemarin dibahas,” imbuhnya.

Baca juga:

Komentari 3 Capres, Nikita Mirzani: Gelap Gulita

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons satu poin Dedat Capres 2024 yang melibatkan Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo menjadi sosok yang dicecar berbagai pertanyaan oleh Anies dan Ganjar terkait isu pertahanan.

Hanya saja sebagian publik menilai jika pertanyaan-pertanyaan Anies dan Ganjar justru mendiskreditkan Prabowo secara personal.

“Saling menyerang nggak apa-apa selagi itu kebijakan, policy, visinya yang diserang,” kata Jokowi saat kunjungan kerjanya di Serang, Banten, Senin, 8 Januari 2024.

Namun menurutnya, Debat Capres 2024 ketiga semalam, Minggu, 7 Januari 2024, terindikasi saling menjatuhkan personal.

Jokowi menegaskan, Debat Capres seperti itu sama sekali kurang baik dan tidak mengedukasi publik.

“Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira nggak baik dan nggak mengedukasi,” bebernya. (Disway/Inikata)