Simak Manfaat untuk Kesehatan Dibalik Rasa Pahit Sayuran Pare

INIKATA.co.id – Sayuran pare yang nama ilmiahnya Momordica charantia termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

Pare dikenal dengan berbagai nama di berbagai daerah, seperti pare, peria, atau ceremai.

Baca juga:

Ternyata ini 7 Khasiat Jus Tomat yang Tidak Banuak Orang Tahu

Sayuran ini memiliki rasa yang pahit dan umumnya digunakan dalam masakan tradisional di berbagai negara.

Selain sebagai bahan makanan, pare juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan potensial, meskipun rasa pahitnya mungkin tidak disukai oleh semua orang.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan mengkonsumsi pare:

Baca juga:

Lima Minuman Ini Ternyata Mampu Hempaskan Lemak di Perut

1. Menurunkan Kadar Gula Darah: Pare telah dikaitkan dengan kemampuannya membantu mengatur kadar gula darah.

Senyawa-senyawa di dalam pare dapat mempengaruhi metabolisme glukosa, yang dapat bermanfaat bagi orang dengan diabetes.

2. Mendukung Penurunan Berat Badan: Kandungan serat yang tinggi dalam pare dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, membantu dalam manajemen berat badan.

3. Menyediakan Nutrisi Penting: Pare mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk kesehatan kulit, penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otot.

4. Antioksidan dan Antiinflamasi: Pare mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi, seperti polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh.

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan: Serat yang terkandung dalam pare dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan.

6. Mengandung Zat Anti Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa-senyawa yang dapat memiliki efek anti kanker.

Namun, penelitian ini masih dalam tahap awal, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya dampaknya.

7. Menyokong Kesehatan Jantung: Pare dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung.

Meskipun pare memiliki sejumlah manfaat kesehatan, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan atau menambahkan makanan tertentu, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.
(JawaPos/Inikata)