Kalah dari Timnas Libya, STY: Saya Tidak Melihat Hasil Akhir

INIKATA.co.id – Kekalahan telak Timnas Indonesia 0-4 dari Libya ternyata tak menjadi sebuah masalah besar bagi pelatih Shin Tae-yong. Pasalnya, laga ujicoba yang berlangsung di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Selasa malam (2/1) itu dilakukan untuk melihat perkembangan timnya selama pemusatan latihan (TC) di Turki dan memantau kondisi fisik para pemain.

“Jadi di laga kemarin, saya tidak melihat hasil akhir, namun lebih kepada mengecek kondisi pemain. Sebab, sejak TC Turki kami terus menggenjot fisik pemain. Mungkin fans kecewa dengan hasil, namun percayalah tim terus mengalami perkembangan yang positif,” ucap Shin Tae-yong, dikutip laman resmi PSSI, Rabu (3/1).

Baca juga:

Diego Simeone Minta Timnya Tidak Pandang Remeh Borussia Dortmund

“Jadi sebenarnya saya ingin mencoba semua pemain, karena ada beberapa dari mereka juga baru bergabung secara bergantian dalam TC Turki. Lebih juga untuk pematangan strategi dan penyesuaian formasi tim,” sambungnya.

Pelatih yang menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengakui dirinya banyak melakukan eksperimen. Seperti langsung memainkan Justin Hubner yang baru bergabung, hingga menempatkan Witan Sulaeman sebagai fullback kanan.

“Seperti yang sudah saya katakan, saya ingin memanfaatkan uji coba ini untuk mempertajam taktik permainan tim, dengan penyesuaian pada kondisi fisik pemain. Untuk Justin, saya yakin dia bisa langsung bermain, saya juga berharap, lewat uji coba, Justin bisa lebih awal menyesuaikan permainan tim dan dengan rekan-rekannya yang lain,” jelasnya.

Baca juga:

STY Optimis Capai Target di Piala Asia U-23 2024

Sementara soal Witan, Shin menyebut sudah menanyakan langsung kepada pemain apakah bisa bermain sebagai fullback kanan, dan dijawab bisa,

“Jadi ini semua sebagai persiapan dan pematangan tim ini agar bisa berlaga dengan baik di Piala Asia,” pungkas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba kedua melawan Libya di tempat yang sama pada Jumat (5/1). Dilanjutkan dengan melawan Iran di Qatar pada Selasa (9/1).

Pada Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari. (Rmol/Inikata)