Fakultas Pertanian Unkhair Ternate Edukasi Pentingnya Tanaman Buah Sistem Grafting

INIKATA.co.id – Fakultas Pertanian Universitas Khairun (Unkhair) Ternate melakukan edukasi pengabdian masyarakat di Dusun Bangkok Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Ahad (15/10/2023).

Kegiatan dengan tema “Pelatihan Masyarakat Dalam Pembibitan Tanaman Buah Dengan Sistem Grafting” ini dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat, diantaranya Dr. Sartika Syafi S.P.,M.Si dan Hayun Abdullah dari Fakultas Pertanian Unkhair Ternate.

Baca juga:

Basri Modding: Saya Masih Rektor UMI yang Sah

“Saat ini kita dapat merasakan dampak dari pemanasan global yang berdampak pada perubahan lingkungan. Untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, maka perlu dilakukan penghijauan baik di lahan pekarangan maupun di tempat-tempat umum,” jelas Tim Pengabdian Masyarakat, Dr. Sartika.

Dia menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pemanasan global, yaitu dengan pembudidayaan tanaman buah.

“Manfaat dari pembudidayaan tanaman buah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan penghijauan lingkungan, sehingga dampak dari pemanasan global dapat di kurangi,” ujarnya.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Dusun Bangkok ini lebih dikhususkan pada pembudidaya tanaman buah alpukat dan durian.

Menurutnya, pelatihan masyarakat ini sangat penting dilakukan. Guna memberikan pemahaman dan motivasi masyarakat untuk mengembangkan tanamannya.

“Hal ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan minat dan motivasi masyarakat terhadap pemahaman tentang penganekaragaman jenis usaha tanaman buah pada masyarakat, berupa perbanyakan tanaman buah dengan system grafting,” imbuhnya.

Dijelaskan, grafting merupakan proses penyambungan tanaman buah dengan cara menggabungkan batang bawah dan batang atas dari tanaman yang berbeda menjadi tanaman baru.

Lebih lanjut, Dr. Sartika berharap agar pengabdian masyarakat yang dikemas melalui pelatihan ini, dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi dan mendorong semangat penghijauan lingkungan.

“Oleh karena itu, masih perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan secara intensif kepada masyarakat dalam perkembangbiakan tanaman alpukat dan durian, guna menangkal pemanasan global yang berkepanjangan,” pungkasnya. (Fadli)