Pamor Threads Melaju, Twitter Justru Anjlok

INIKATA.co.id – Beberapa hari ini Twitter kembali jadi bahan pembicaraan para penggunanya dari seluruh dunia. Selain mengumumkan pergantian nama dan logo, dari burung biru menjadi logo ‘X’, Twitter. Twitter juga mengungkap bahwa Direct Message atau DM pengguna non-verified akan dibatasi.

Hal ini jelas bikin pengguna kesal, mereka yang sudah setia dengan platform media sosial (medsos) berbasis teks itu merasa Twitter semakin komersil. Hal tersebut juga diamini oleh pemilik bari Twitter, Elon Musk yang belakangan menyebut bahwa pemasukan Twitter terus berkurang dan butuh dana dari pengguna mereka melalui layanan berbayar, Blue.

Baca juga:

Meta Mulai Batasi Informasi Sensitif Terkait Perang Israel-Palestina

Menumpang pamor Twitter yang sedang anjlok, Threads tampil dengan kehadiran fitur baru. Meta, induk perusahaan Facebook yang menaungi Instagram selaku kreator Threads telah mulai meluncurkan opsi untuk melihat feed kronologis kiriman dari orang yang Anda ikuti.

Banyak pengamat mengatakan ini adalah fitur utama yang dibutuhkan Threads untuk benar-benar bersaing dengan Twitter, yang telah lama menjadi sumber penting informasi real-time. Anda harus memperbarui Threads ke versi terbaru untuk melihat fitur feed kronologis, tetapi mungkin tidak langsung muncul untuk Anda.

Untuk beralih antara feed ‘For You’ dan ‘Following’, ketuk logo Threads atau ikon beranda dan Anda dapat menggesek dari satu ke yang lain. Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran feed kronologis di channel siaran Instagram-nya.

Adam Mosseri, Head of Instagram, mengatakan beberapa waktu lalu bahwa opsi seperti itu sedang dalam proses. Kini, CEO Meta menambahkan bahwa Threads telah memperoleh fitur penting lainnya dalam bentuk terjemahan.

Saat Anda melihat postingan dalam bahasa yang tidak Anda mengerti, Anda dapat mengetuk pojok kanan bawah untuk menerjemahkannya. Meta juga telah menambahkan beberapa fitur lain ke Threads.

Di tab Aktivitas, kini Anda dapat memfilter notifikasi berdasarkan mengikuti, membalas, menyebutkan, postingan yang dikutip, postingan ulang, dan interaksi dari akun terverifikasi (atau cukup memilih untuk melihat semua notifikasi Anda secara bersamaan).

Tim Threads juga memperkenalkan tombol ikuti baru untuk mempermudah mengikuti orang kembali dan cara untuk menyetujui semua permintaan mengikuti Anda sekaligus jika akun Anda bersifat pribadi.

Zuckerberg mengatakan masih banyak lagi yang akan datang, mudah-mudahan termasuk kemampuan untuk memposting ke Threads dari web, pesan langsung, peningkatan aksesibilitas, pencarian yang lebih baik, dan cara seperti TweetDeck untuk mengawasi posting Threads. (JawaPos/Inikata)