Gaya Hidup yang Buruk Picu Asam Lambung Naik?

INIKATA.co.id – Asam lambung menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat umum di seluruh dunia, sehingga sering disepelekan oleh penderitanya. Salah satu faktor penyebab asam lambung naik adalah gaya hidup yang tidak sehat dan stress berlebih.

Sebuah studi tahun 2009 membuat survey kesehatan pada lebih dari 40.000 orang Norwegia dan menemukan bahwa orang yang mengalami stress lebih beresiko mengalami gejala Gastroesophageal Redflux Disease (GERD).

Baca juga:

Sakit Gigi Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada sebuah studi terbaru yang terbit di Internal Medicine menemukan bahwa hampir setengah dari 12.653 orang dengan GERD disebabkan oleh stress sebagai faktor terbesar yang memperburuk gejala yang dialami.

Perokok, mantan perokok, mahasiswa, dan pekerja dengan tingkat stres kerja tinggi lebih beresiko terhadap GERD. Studi lain pada tahun 2008 juga mengungkapkan bahwa orang-orang dengan GERD yang memiliki stress kerja tinggi dapat meningkatkan gejala asam lambung pada tubuh mereka.

Dikutip dari Healthline untuk mengatasi gejala GERD yang meningkat akibat gaya hidup yang tidak sehat dan stress dapat melakukan beberapa cara:

  • Olahraga
    Olahraga membantu mengendurkan otot yang tegang dan membuat tubuh lebih rileks karena bisa melepaskan hormon alami yang membuat tubuh menjadi lebih nyaman.
  • Menghindari Makanan Pemicu GERD
    Sangat penting untuk menghindari makanan pemicu asam lambung naik. Menghindari kafein, makanan dengan lemak tinggi, makanan pedas, dan beberapa makanan lain pemicu asam lambung naik adalah salah satu cara yang tepat mencegah GERD.
  • Tidur yang Cukup
    Tidur menjadi salah satu peredam stres alami yang dapat mengurangi stres. Untuk membantu menghindari gejala GERD, disarankan untuk tidur siang dengan posisi kepala lebih tinggi.
  • Berlatih Relaksasi
    Relaksasi dapat membantu mengurangi stres pemicu GERD. Melakukan yoga, mendengarkan musik santai, atau melakukan tai chi dapat dicoba.
  • Belajar untuk Berkata Tidak
    Mencoba lebih memprioritaskan diri sendiri dan menolak hal-hal yang tidak kita priotaskan.
  • Tertawa
    Menonton film-film lucu ataupun video-video lucu dapat membantu mengurangi stres secara alami.
  • Menghabiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan
    Bermain dengan hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan membantu pikiran menjadi lebih tenang.(jawapos/inikata)