Apple Rilis Teknologi Chatbot Berbasis AI, Mirip ChatGPT

INIKATA.co.id – Apple kembali merilis teknologi yang sedang dikembangkan secara massal. Teknologi tersebut diberi nama chatbot berbasis AI mirip seperti ChatGPT. Apple belum merilis secara resmi strategi peluncuran chatbot besutannya kepada para penggunanya.

Dikutip dari Tech Crunch pada Rabu (19/7), Apple telah membentuk kerangka kerja yang disebut Ajax untuk menciptakan model bahasa besar large language model (LLM) yang akan membekali chatbot seperti ChatGPT yang dikembangkan oleh Google.

Baca juga:

BPBD Sulsel Pastikan Hujan Buatan Tetap Dilakukan pada Masa Transisi Cuaca

Ajax beroperasi pada Google Cloud dan dibangun menggunakan Google JAX, kerangka kerja pembelajaran mesin besutan Google. Apple menggunakan Ajax untuk membentuk LLM yang menjadi fondasi dari chatbox AI yang dikembangkannya.

Teknologi chatbot yang dikembangkan Apple saat ini hanya bisa diakses oleh pegawai Apple yang telah mengantongi izin khusus demi alasan kemanan. Pegawai Apple menggunakan chatbot tersebut untuk membentuk cetak biru produk.

Chatbot besutan Apple memiliki kemiripan dengan ChatGPT, Bard dan Bing AI yang tidak menghadirkan fitur tambahan secara terpisah dari versi yang tersedia untuk kepentingan komersial.

Baca juga:

Ini Menu Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang, Ada Gado-gado dan Siomai

Ketika perusahaan teknologi lain seperti Google, Microsoft dan Meta berlomba-lomba mengumumkan produk AI ke publik. Apple belum merilis hal tersebut, fitur AI milik dari Apple berupaya untuk memenuhi permintaan konsumen dalam membantu menyusun esai dan menghasilkan gambar sesuai dengan konsumennya. Kebijakan produk Apple ini sesuai dengan pemikiran CEO Apple, Tim Cook yang menginginkan peluncuran AI ini dengan basis dasar yang bijaksana. (JawaPos/Inikata)