Sejumlah SMP di Makassar Kekurangan Siswa, Disdik Beralasan Karena Banyak Siswa Pilih-pilih Sekolah

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Sejumlah sekolah tingkat SMP di Kota Makassar masih kekurangan siswa. Padahal, tahun ajaran baru 2023/2024 sudah dimulai.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Muhyiddin mengatakan, kondisi seperti ini di masing-masing sekolah berbeda-beda. Ada yang kurang satu kelas, seperti di SMPN 53 yang beralamat di Jalan Samiun, Kecamatan Ujung Pandang. Terbanyak, di SMPN 21 yang berlokasi di Minasa Upa. Di sekolah tersebut masih ada lima kelas yang belum terisi.

Baca juga:

Sampah Jadi Perhatian Penuh, Camat Tamalate Rakor Bersama Lurah Bahas Masalah Keberhasilan

Menurut Muhyiddin, kondisi ini disebabkan karena ‎banyak siswa yang memilih sekolah.

“Misalnya ada yang mendaftar di sekolah ini, tapi tidak daftar ulang karena memilih-milih. Makanya ini kosong,” kata Muhyiddin, Selasa (18/7/2023).

Meski begitu, kata dia, pihak Disdik Makassar berupaya mengisi kekosongan bangku di dua sekolah tersebut dengan mengarahkan anak yang belum lulus PPDB untuk datang ke kedua sekolah tersebut.

Baca juga:

Disdik Uji Coba Penggunaan Solar Panel di SMPN 6

“Tidak ada lagi jalur zonasi. Sekarang istilahnya kita bikin jalur solusi. Bagi orang tua yang anaknya tidak lulus PPDB yang lalu namun mau bersekolah di negeri, hubungi saya. Kita akan beri kebijakan untuk sekolahkan anaknya di sekolah yang masih banyak bangku kosong,” ujarnya.

Muhyiddin menekankan instruksi Wali Kota Makassar, bahwa semua anak harus sekolah. Sehingga diharapkan seluruh orang tua yang masih kesulitan mencari sekolah untuk anaknya, agar melaporkan ke Disdik supaya bisa dicarikan solusinya. (*)