Lantik Bunda PAUD Kecamatan, Herfida: Ibu adalah Madrasah dalam Mendidik Anak

INIKATA.co.id – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bulukumba, Andi Herfida Muchtar menyebut peran penting seorang ibu sebagai madrasah pertama mendidik anak-anaknya. Dengan begitu, ibu diharapkan menanamkan moral anak-anaknya sejak dini.

“Jangan lupa pembentukan karakter anak-anak kita,” kata Andi Herfida dalam sambutannya seusai melantik Bunda PAUD Kecamatan, serta Bunda PAUD Kelurahan dan Desa se Kabupaten Bulukumba di Pendopo Rujab Bupati, Selasa, 18 Juli 2023.

Baca juga:

Polres Tana Toraja Gelar Rapat Kesiapan Pengamanan dan Ploting Personel TPS Pemilu 2024

“Jadi, bukan hanya pendidikan formal saja di sekolah yang dibutuhkan. Tapi yang utama adalah karakter anak-anak,” sambung istri dari Bupati Bulukumba tersebut.

Andi Herfida berpandangan, jika karakter anak sudah tertanam sejak dini, maka visi besar pemerintah untuk generasi emas ke depan dapat terwujud. Selain itu, juga penting mengetahui bakat dan minat anak-anak sejak dini.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini, lebih jauh mengulas aspek penting yang harus dilakukan orang tua untuk kemajuan Bulukumba. Ia berharap para orang tua melatih anak-anaknya untuk lebih mandiri.

“Orang tua juga diharapkan dapat membimbing anak-anaknya untuk hidup bersih,” kata Andi Herfida.

Terakhir, ia meminta Bunda PAUD Kecamatan yang telah dilantik agar bisa menyusun secepatnya kelompok kerja (Pokja) PAUD di kecamatannya masing-masing.

“Ini penting. Sebab banyak program nasional harus kita breakdown ke daerah kita tercinta Bulukumba. Apalagi transisi PAUD ke SD,” jelas Andi Herfida.

Sementara, Bunda PAUD Kecamatan Gantarang yang baru dilantik, Andi Astri Wahyuni menyatakan kesiapannya menyusun komposisi Pokja PAUD sesuai dengan arahan Bunda PAUD Bulukumba tersebut.

“Alhamdulillah kalau Pokja sisa mau dilantik. Kebetulan juga hadir Ketua Pokja PAUD Kecamatan Gantarang di pelantikan Bunda PAUD di pendopo ini,” terangnya.

Pelantikan Bunda PAUD ini, juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba, H Misbahuddin. Tampak, juga hadir Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Bulukumba, perwakilan TP PKK Bulukumba, Dekranasda, sejumlah Camat, beberapa Kepala Desa, serta puluhan pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba.

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, H Misbahuddin juga membenarkan peran penting orang tua untuk membentuk karakter anak-anaknya. Bahkan di lingkup Kemenag juga, katanya, ada organisasi DWP.

“Nah salah satu program yang dicanangkan DPW Kemenag adalah pendidikan mental. Pembinaan ini mengikut sertakan anak-anak pegawai Kemenag,” ujarnya.

Usai pelantikan Bunda PAUD Kecamatan Desa dan Kelurahan, kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi terkait rencana program kerja yang akan dilaksanakan oleh Pokja Bunda PAUD se Kabupaten Bulukumba.(RR)