8 Pejabat Negara yang Dilantik Presiden Jokowi, Berikut Profilnya

INIKATA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik delapan pejabat terdiri dari satu Menteri, lima Wakil Menteri, dan dua Anggota Wantimpres untuk sisa masa jabatan 2019-2024, di Istana Negara, Senin (17/7/2023) pagi.

Delapan pejabat itu diantaranya:

Baca juga:

Saudagar Bugis-Makassar bakal Lakukan Pertemuan, Dibuka Wakil Presiden ke 10 dan 12

Budi Arie Setiadi

Budi Arie Setiadi dilantik sebagai Menkominfo. Pendiri sekaligus Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) ini sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDT) sejak 2019.

Budi Arie merupakan aktivis sosial, politisi, pengusaha dan jurnalis.

Baca juga:

Jokowi Bantah Pembagian Bansos jadi Penyebab Harga Beras Meroket

Jiwa sosialnya menggebu-gebu saat menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM ) FISIP UI 1994.

Bahkan, dia menginisiasi dan mendirikan surat kabar yang kritis, “BERGERAK” pada tahun 1998.

Pada dasarnya, Loyalis Jokowi ini mulai berkarir sebagai jurnalis mulai tahun 1993 hingga 2001.

Pria kelahiran Jakarta 1969 ini merupakan Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010).

Selain itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Pahala Nugraha Mansury

Pahala Nugraha Mansury atau lebih dikenal Pahala Mansury dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Sebelumnya menjabat sebagai Wamen BUMN sejak tahun 2020.

Pria kelahiran Bogor 1971 ini juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama Bank Tabungan Negara, Direktur Utama Garuda Indonesia dan Direktur Keuangan Pertamina.

Dia mengambil gelar sarjananya di Fakultas Ekonomi UI dan gelar Magister di New York University Stern School of Business.

Nezar Patria

Nezar Patria dilantik sebagai Wamenkominfo mendampingi Budi Arie.

Sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus V Bidang Komunikasi Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia sejak 7 Juni 2022.

Nezar merupakan wartawan, aktivis, dan juga penyair. Salah satu dari tiga belas korban penculikan aktivis pada masa Orde Baru.

Dia sempat menjabat sebagai Direktur Kelembagaan Pos Indonesia.

Pria kelahiran Aceh 1970 ini bekerja menjadi wartawan di Tempo tahun 1999-2008. Karirnya di media berlanjut dengan peran sebagai pendiri portal berita online Viva.co.id (2008-2014) sebelum menjadi wakil pemimpin redaksi di CNN Indonesia Digital (2014-2015).

Nezar menduduki jabatan sebagai Pemimpin Redaksi The Jakarta Post tahun 2015-2020.

Putra dari tokoh pers senior Pemimpin Umum harian Serambi Indonesia, Sjamsul Kahar menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tahun 1997 dan Magister Sejarah Hubungan Internasional dari London School of Economics (LSE), Universitas London, Inggris.

Paiman Raharjo

Paiman Raharjo dilantik sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDT) menggantikan Budi Arie yang telah dilantik sebagai Menkominfo.

Pria kelahiran Klaten 1967 ini merupakan Rektor Universitass Moestopo Beragama ternyata pernah bergelut sebagai tukang sapu dan satpam demi membiayai kehidupannya.

Paiman juga merupakan Komisioner PT Food Station Tjipinang Jaya sejak 2013 dan komisaris Independen PT Perusahaan Gas Negara ( Persero ) Tbk sejak 2015.

Rosan Roeslani

Rosan Roeslani dilantik sebagai Wamen BUMN mendampingi Erick Thohir. Sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat sejak 25 Oktober 2021.

Pria kelahiran 1968 ini merupakan Ketua Umum Kadin 2015-2020 setelah mengalahkan calon ketua lainya, Rahmat Gobel yang hanya mendapatkan 27 suara pada Munas Kadin VII di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Pria kelahiran Jakarta ini salah satu dari trio Indonesia yang pernah mengakuisisi klub sepak bola ternama Inter Milan.

Saiful Rahmat

Saiful Rahmat dilantik sebagai Wakil Menag. Dia merupakan Ketua DPW PPP DKI Jakarta 2021-2026.

Sebelumnya Saiful Rahmat juga aktif dalam organisasi GP Ansor dan pernah menjabat sebagai ketua pimpinan pusat GP Ansor 2016-2021. Serta menjadi ketua PW GP Ansor DKI Jakarta pada 2012-2022.

Saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU) 2022-2027.

Djan Faridz
Djan Faridz dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada masa Kabinet Indonesia Bersatu II di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria kelahiran Jakarta 1950 ini merupakan pemilik PT Dizamatra Powerindo. Juga merupakan Ketua Umum PPPK pada tahun 2014-2019.

Gandi Sulistiyanto Suherman

Gandi Sulistiyanto Suherman dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Sebelumnya merupakan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Republik Korea.

Diketahui, pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 62B tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Kominfo periode tahun 2019-2024 dan Keputusan Presiden RI Nomor 32M tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara kabinet Indonesia maju.

Kemudian Keputusan Presiden RI Nomor 63B tahun 2023 tentang pengangkatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden. (Fajar/Inikata)