Baru-baru Ini Apple Watch Kembali Selamatkan Nyawa Pengguna

INIKATA.co.id – Apple Watch telah sangat populer karena kerap membantu menyelamatkan banyak nyawa pengguna selama beberapa tahun terakhir. Dan baru-baru ini, kehidupan lain mungkin diselamatkan setelah jam tangan pintar Apple ini.

Dilansir dari Gizmochina, Apple dikabarkan telah membantu seorang wanita mengidentifikasi masalah kesehatan yang berpotensi mengancam jiwanya. Apple Watch memberi tahu wanita itu tentang detak jantungnya yang tidak biasa.

Baca juga:

Gempa Dahsyat di Jepang Tewaskan 100 Orang

Hal ini dialami oleh Kimmie Watkins berusia 29 tahun dari Ohio, Amerika Serikat (AS). Dia baru-baru ini berbicara tentang cobaannya dan berbagi bagaimana Arloji raksasa yang berbasis di Cupertino membantu menyelamatkan hidupnya.

Kimmie mengatakan bahwa dia sering merasa pusing dan lelah tetapi tidak dapat menentukan alasan sebenarnya. Dia memutuskan untuk tidur saja, dan mengira itu hanya disebabkan karena dirinya telat makan saja.

Di sisi lain, Apple Watch tetap waspada dan memetakan detak jantungnya selama tidur siang. Setelah sekitar 90 menit, dia dibangunkan oleh peringatan yang memberitahukan bahwa detak jantungnya terlalu tinggi untuk waktu yang lama.

Dengan kata lain, ada yang salah dengan dirinya. Arloji pintar Apple itu melacak lonjakan detak jantung hingga 178 detak per menit, yang cukup tinggi untuk seseorang saat istirahat dan tidak di tengah aktivitas fisik yang intens.

Menyusul peringatan ini, Kimmie Watkins kemudian mencari pertolongan medis dan dokter mengungkapkan bahwa dia menderita emboli paru sadel (SPE). Sederhananya, ini adalah kondisi medis yang dikatakan memiliki tingkat kematian 50 persen dan pada dasarnya adalah gumpalan darah.

Menurut Dr. Richard Becker, seorang ahli jantung di University of Cincinnati’s College of Medicine, ini adalah yang paling parah dan mengancam nyawa karena itu adalah gumpalan darah yang membebani pembuluh darah ke paru-paru kanan dan ke paru-paru kiri.

Watkins saat ini sedang dalam perawatan dan sedang menuju pemulihan. Kembali pada Oktober 2022, Apple Watch juga telah membantu menyelamatkan seorang gadis berusia 12 tahun dari kanker.

Dan awal tahun ini, seorang pria juga diselamatkan dari pendarahan internal yang berpotensi mengancam jiwa. Seperti sudah disinggung di atas, Apple Watch memang dikenal karena fitur kesehatannya.

Selain karena kecanggihan fitur konektivitasnya saat disandingkan dengan iPhone, Apple Watch memiliki banyak fitur kesehatan. Apple Watch juga dikenal sebagai asisten kesehatan virtual. (JawaPos/Inikata)