Luis Milla Tinggalkan Persib Bandung, Yaya Sunarya Jadi Pelatih Sementara

INIKATA.co.id – Apresiasi dan ucapan terima kasih Persib sampaikan kepada seluruh Bobotoh yang dengan sepenuh hati telah mendukung Persib di dalam segala situasi, termasuk saat menjamu Dewa United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (14/7) malam.

Kehadiran Bobotoh di pertandingan itu telah menjadi tambahan kekuatan dan semangat bagi para pemain yang berjuang di atas lapangan. Hingga pada akhirnya, Persib yang sempat tertinggal mampu bangkit dan menyamakan kedudukan sampai peluit panjang dibunyikan.

Baca juga:

Sukses Antarkan PSM jadi Juara Liga, Begini Statistik Permainan Yance Sauri

Namun, dengan berat hati Persib harus menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda.

Seiring dengan keputusan Milla itu, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez turut mundur dari jajaran staf pelatih. Menjadi hal yang umum terjadi di dunia sepak bola ketika kepergian pelatih juga diikuti oleh para asistennya.

Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya. Diketahui, persoalan ini telah merundung Milla sejak lama, tapi baru terungkap saat ini yang menjadi waktu terbaik agar stabilitas tim di Liga 1 musim ini terjaga.

Baca juga:

Tak Ada yang Berubah, Formasi Pemain Asing Persib Bandung Masih Sama

Sejak menunjuk Milla sebagai pelatih, Persib selalu memberikan dukungan secara maksimal. Segala hal yang menjadi kebutuhan teknis tim, seperti kebijakan transfer pemain pun dipenuhi. Itu semua dilakukan tak lain adalah untuk membawa Pangeran Biru berada di tempat yang menjadi kebanggaan Bobotoh.

Namun demikian, PERSIB sangat menghormati keputusan yang sudah diambil Milla, Carlos dan Manuel Cascallana. Persib juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan ketiganya selama ini. Di bawah asuhan Milla, Persib menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah sempat tertatih-tatih di awal musim.

Sejak menjalani debut memimpin Persib pada laga kontra RANS Nusantara pada pekan kedelapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla telah berhasil mencatat 17 kemenangan, 4 imbang, dan 6 kalah. Sedangkan pada musim ini, Milla baru membawa PERSIB meraih tiga poin dalam tiga pertandingan yang penuh kerja keras dan perjuangan.

Selanjutnya, PERSIB menunjuk Yaya Sunarya untuk menjadi pelatih sementara dibantu oleh Bayu Eka Sari dan Luizinho Passos. Persib akan bergerak secepat dan setepat mungkin dalam mencari pelatih pengganti. Karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh Bobotoh agar Persib bisa melalui masa-masa ini sesegera mungkin sehingga perjalanannya di Liga 1 bisa terus berlanjut tanpa menemui kendala.

Sementara Luis Milla menyatakan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Persib. Keputusan itu disampaikannya melalui konferensi pers di Graha PERSIB, Jalan Sulanjana No. 17, Kota Bandung, Sabtu (15/7).

“Ini hari yang sulit karena harus meninggalkan Persib atas alasan personal. Bagi saya, waktu dan perjalanan bersama Persib dilalui dengan baik, penuh kasih sayang dan kecintaan dari semua aspek dalam klub,” kata Milla.

Milla mengatakan, keputusan mundur sebagai pelatih ini tidak berkaitan dengan anak asuhnya. Selain Milla, asisten pelatih Manuel Perez-Cascallana dan pelatih fisik, Carlos Grande Rodriguez pun turut mundur.

“Apapun yang sudah saya lalui bersama para pemain pun dilalui dengan baik. Jadi, ini adalah masalah personal. Sulit, tapi harus bisa saya putuskan,” ungkap pelatih asal Spanyol tersebut.

Di akhir pernyataannya, Milla secara khusus menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan.

Dalam kesempatan itu, dia didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar, Kuswara S. Taryono, Deputy CEO Teddy Tjahjono dan Commercial Director, Gabriella Witdarmono.

“Terima kasih Persib, teman-teman semua dan orang-orang sekitar yang selama ini sudah sabar dan memberikan cinta dan kasih sayang juga support hingga hari ini,” bebernya. (JawaPos/Inikata)