Kegiatan Apeksi Diapresiasi, Makassar Jadi Kota Sentral Arah Pembangunan Kedepan

INIKATA.co.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang digelar di Makassar mendapat banyak apresiasi.

Pasalnya, kegiatan yang menjadikan Makassar sebagai tuan rumah ini mempertemukan puluhan Walikota. Baik pertemuan pemuda masing-masing daerah, event budaya hingga menghadirkan bakal calon Presiden.

Baca juga:

Soal Ledakan di Bandung, Ansor Jatim Kutuk Aksi Terorisme

Pengamat politik Sulsel, Nurmal Idrus mengatakan kegiatan Apeksi menjadi agenda sentral menentukan arah pembangunan.

“Apeksi memegang posisi sentral dalam pembangunan Indonesia oleh karena merekalah sebenarnya salah satu penentu arah pembangunan negara ini,” ujar Nurmal, Jumat (14/7/2023).

Bagaimana tidak, kata dia, hampir semua walikota di Indonesia yang mempunyai kewenangan dalam pembangunan daerahnya terlibat langsung dalam kegiatan Apeksi.

Baca juga:

Ribuan Mata Saksikan Penampilan Spektakuler Karnaval Budaya Persembahan Dinas Kebudayaan Makassar

“Jika dihitung secara total, para anggota Apeksi ini mengendalikan kewenangan hampir setengah dari jumlah keseluruhan dana transfer pusat ke daerah,” ucapnya.

“Artinya, mereka punya kepentingan yang kuat dengan peralihan kepemimpinan nasional ke depan,” sambung dia.

Menurutnya, Kota Makassar dibawa kepemimpinan Moh Ramadan Danny Pomanto harus bangga, karena kota ini menjadi tempat isu kepemimpinan dibahas.

“Tentu bagi Makassar ini adalah positif, karna sekali lagi Makassar menunjukkan dirinya sebagai salah satu kota utama di Indonesia yang mengelola isu kepemimpinan nasional ini,” imbuhnya.

Bakal Cawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada APEKSI XVI yang digelar di Kota Makassar.

“Saya rasa ini asosiasi yang aktif, Pak Bima di bawah kepemimpinan beliau APEKSI ini punya kegiatan yang konkret dan harus disampaikan bahwa apeksi yang bisa mengundang semuanya datang ke sini,” terang Anies usai pemaparan visi pada Rakernas APEKSI XVI di Upperhills Convention Hall, Tanjung Bunga Makassar, Kamis (13/7/2023).

Menurut Anies, Walikota yang berkumpul dalam kegiatan APEKSI di Makassar ini merupakan orang-orang hebat dan berpengalaman.

“APEKSI adalah asosiasi Walikota tapi mereka adalah orang-orang berpengalaman tadi saya sampaikan Saya tidak mau menggarami air laut karena di sini semuanya adalah Walikota Walikota berpengalaman,” imbuhnya. (fdl)