Islandia Negara Paling Aman di Dunia 2023 Versi Global Peace Index, Indonesia Peringkat Berapa?

INIKATA.co.id – Global Peace Index dari Institute of Economics and Peace merilis laporannya soal daftar 10 negara paling aman di dunia.

Daftar 10 negara paling aman di dunia itu didasarkan pada sejumlah indikator penilaian berdasarkan metrik yang mencakup kejahatan dengan kekerasan, terorisme, konflik internasional, serta keamanan, dan bahaya sosial yang dianalisis dari semua negara di dunia.

Baca juga:

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Ayah dan Anak di Maros: Diduga Sakit Hati

Hasilnya, Islandia dinobatkan sebagai negara paling aman di dunia 2023. Ini menjadi ke-17 kalinya secara beruntun bagi Islandia meraih predikat tersebut.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Global Peace Index, di Islandia sejumlah faktor mulai dari tingkat pembunuhan dan kejahatan sampai perilaku anti-sosial termasuk level yang sangat rendah dan rendah.

Selain itu, rata-rata hidup penduduk Islandia juga panjang, yakni sampai berusia 83 tahun. Masyarakat negara Skandinavia itu memiliki hubungan erat dengan alam, dan sebagian besar kehidupan di Islandia berpusat pada hubungan kuno dengan laut dan pedesaan.

Tak hanya itu, Islandia juga dikenal negara yang memiliki bentang alam yang mengagumkan. Untuk alasan itu pula belakangan Islandia menjadi negara yang populer dikunjungi wisatawan mancanegara.

Di peringkat kedua daftar negara paling aman di dunia 2023 ditempati negara Skandinavia lainnya, yakni Denmark. Disusul Irlandia dan Selandia Baru di urutan ketiga dan keempat.

Austria menempati posisi kelima dalam daftar negara paling aman di dunia 2023, kemudian ada negara tetangga Indonesia, Singapura di peringkat keenam.

Indonesia sendiri masih belum termasuk dalam daftar 10 negara paling aman di dunia tahun 2023 versi Global Peace Index.

Berikut daftar 10 negara paling aman di dunia 2023 versi Global Peace Index:

  1. Islandia
  2. Denmark
  3. Irlandia
  4. Selandia Baru
  5. Austria
  6. Singapura
  7. Portugal
  8. Slovenia
  9. Jepang
  10. Swiss