Bawaslu Sulsel Ingatkan Bacaleg Penuhi Syarat Administrasi

INIKATA.co.id – Bawaslu Sulsel mengingatkan kepada bakal calon legislatif untuk teliti dalam tahapan perbaikan administrasi.

Khususnya, bagi mereka yang berstatus pensiunan atau mundur dari anggota ASN, TNI, dan kepolisian dan mengajukan pensiun dini.

Baca juga:

Jelang Pemilu, Aksa Mahmud : Cerdaslah dalam Memilih Kandidat

Karena saat ini sudah memasuki tahap verifikasi administrasi (Vermin) kedua mulai tanggal 10 Juli hingga 5 Agustus yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota Kordiv Humas dan Data Informasi  Bawaslu Sulawesi Selatan, Alamsyah menjelaskan, pada vermin kedua ini, KPU memeriksa kembali bacaleg ganda, dan juga melakukan klarifikasi atas keabsahan dokumen bacaleg.

Bawaslu dari sisi pengawasannya, khusunya sisi pencegahan mengharapkan bahwa syarat bacaleg di pemilu 2024 ini betul-betul  tidak mengalami masalah yang sangat berarti seperti pada pemilu sebelumnya.

Baca juga:

Bawaslu Sulsel Perkuat Sinergi Gugus Tugas Pengawasan Pemberitaan dan Penyiaran Pemilu 2024

“Kami mengingatkan bacaleg penuhi syarat administrasinya sehingga tidak ada masalah,” ujar Alamsyah kepada awak media di Plazgozz Cafe, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Selasa (11/7/2023).

Misalnya, terkait syarat-syarag calon yang sangat krusial karena ada kewenangan dari instansi lain yang mempengaruhi teknik penyelenggaraan pemilu.

“Contohnya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),
rekomendasi atau surat keputusan dari BKN terkait penetapan status PNS dari calon itu,” katanya.

Kemudian kedua dari kepolisian dan TNI ditingkatan pusat untuk memastikan anggotanya yang purnawiraan untuk secara administrasi betul-betul sudah purnawiraan sebagai syarat calon tersebut .

“Tentu kita melihat apa yang dilakukan oleh KPU dan selama tahapan masih berlangsung, saya kira masih memungkinkan untuk menunggu dokumen pendukung dan apabila di masa tahapan sudah berakhir dan dokumen pendukung tadi tidak terpenuhi maka itu ada potensi untuk tidak memenuhi syarat (TMS).
Sepanjang sepengetahuan kami sudah tidak bersyarat lagi,” jelasnya.(**)