Jambore PKK di Takalar Berlangsung Meriah

INIKATA.co.id – PKK Kabupaten Takalar mengelar Jambore yang dilaksanakan di lapangan Radja Dg Tona di Dusun Malolo Desa Ko’mara Kecamatan Polut. Jambore itu diikuti ribuan orang.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad pada kegiatan tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKK menjadi mitra pemerintah dalam menkalankan kebijakan dan program yang dibuat pemerintah.

Baca juga:

Pemkab Bone Juara 1 Perencanaan Pembangunan Daerah Zona 3

Kata dia, PKK sebagai gerakan kader pembinaan kesejahteraan keluarga terus dimotivasi untuk berkomitmen terhadap berbagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, salah satunya dengan melakaanakan jambore PKK.l

“Kegiatan ini merupakan suatu wadah untuk berkumpul dan bertukar pengalaman serta menambah wawasan sesama kader terutama tentang PKK dan pengetahuan umum. Selain itu jambore PKK ini juga merupakan salah satu sarana bagi kader PKK untuk berdiskusi, bertukar fikiran dan pengalaman guna menambah kererampilan untuk diterapkan dan dikembangkan di kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Ketua PKK Sri Astuti Thamrin Setiawan dalam arahannya mengatakan suatu kegiatan akan terlaksana dengan baik apabila ditunjang oleh suatu perencanaan yang matang dan bersumber dari berbagai pihak yang menjalin kerjasama dengan tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK). 

“Kegiatan jambore PKK ini dilaksanakan dengan harapan tetap menjungjung tinggi nilai sportivitas, kejujuran serta tanggungjawab penuh sehingga kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya menjadi ajang persaingan namun menjadi tolak ukur kemampuan para kader dalam hal menciptakan inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Pj Ketua PKK.

Pada kesempatan yang sama Andi Wirdaningsih selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan jambore PKK ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta menumbuhkan kreatifitas pada kader dalam melaksanakan peran dan fungsi PKK.

“Kesatuan dan persatuan dengan prinsip kemitraan, menumbuhkan semangat gotong royong semua tingkatan kader dalam gerakan pemberdayaan masyarakat, menuju keluarga sejahtera,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tema yang diusung pada jambore PKK tahun 2023 ini adalah “Cegah Stunting Tingkatkan Kreatifitas dan Eratkan Silaturahmi Menuju Keluarga Tangguh dan Sejahtera.

“Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 7 s/d 8 Juli 2023 yang diikuti 1155 orang yang terdiri dari kader PKK 10 orang/desa kelurahan se-Kab. Takalar, dari TP. PKK Kecamatan 10 orang, dan dari TP. PKK Kabupaten 45 orang,” jelasnya.

Adapun kegiatan dan lomba dalam jambore PKK Takalar tahun 2023 adalah kegiatan pasar murah, lomba defile, lomba UP2K, lomba presentase cegah perkawinan anak, lomba presentase cegah stunting, lomba menu berbahan dasar ikan, lomba kebersihan tenda dan pentas seni.(ZQ)