Link Stadion JIS di Web Buro Happold Tiba-tiba Tidak Bisa Diakses

INIKATA.co.id – Proyek Jakarta International Stadium (JIS) hilang dari laman Buro Happold. Seperti diketahui, Buro Happold adalah konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern, termasuk JIS.

Tautan (URL) mengenai JIS di laman Buro Happold memang masih ada, tapi ketika diakses halaman tidak tersedia. (https://www.burohappold.com/projects/jakarta-international-stadium).

Baca juga:

Ditanya Soal Kasus ‘Bajingan Tolol’ Rocky Gerung, Jokowi: Itu Hal Kecil, Saya Kerja Saja

“Halaman yang Anda butuhkan saat ini tidak tersedia, silakan hubungi salah satu spesialis kami di halaman ini untuk informasi lebih lanjut,” demikian informasi yang tertera di laman Buro Happold saat diakses pada Sabtu (8/7/2023).

Demikian pula ketika halaman JIS dicari menggunakan mesin peramban Google. Tautan dari situs Buro Happold masih tercantum di nomor satu halaman pertama Google, tetapi saat diklik menunjukkan informasi serupa.

Sejumlah pegiat media sosial pun heran dengan hilangnya nama JIS. Beberapa di antaranya kembali mengaitkan dengan faktor politik.

Baca juga:

Peluang Koalisi Paslon 1 dan 3, Anies: InsyaAllah

“Endingnya semakin jelas , tebakanku : pipa akan menolak jis dgn alasan tdk std. Dan mrk akan bersorak ria 7 hr 7 mlm, lanjut mengirim 100 an karangan buka ucapan selamat telah berhasil mencoret jis. Skenario detected,” tulis akun @nori***.

“Wah kelas berat nih klo sampai konsultan kelas Internasional pun udah dibungkam,.😬😬,” cuap akun @Daeng***.

“Rezim punya segala sumber untuk mematahkan oposisi. Krn mrka punya kekuasaan dan bisa bikin UU aneh2. Apalagi cuma menyurati biro Happold,” tambah warganet lainnya.

Sekadar informasi, di laman situsnya, Buro Happold pernah menyematkan nama JIS ke dalam daftar proyek mereka.

Disebutkan bahwa Buro Happold bekerja sama dengan Jakarta Konsultindo (JakKon) untuk mempersiapkan stadion berkapasitas 82.000 tempat duduk itu. JIS dirancang menjadi tempat serbaguna bertaraf internasional.

Buro Happold adalah perusahaan konsultan internasional yang berasal dari Inggris. Perusahaan ini memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion sepak bola modern di Liga Inggris.

Buro Happold juga menjadi perancang stadion Piala Dunia Qatar 2022. Dilansir dari situs resminya, Buro Happold sudah berdiri sejak 45 tahun lalu, tepatnya pada 1970 di kota Bath.

Pendiri perusahaan tersebut adalah Ted Happold. Mulanya, perusahaan ini hanya memiliki tujuh orang pekerja. Kini, jumlah karyawannya terus berkembang hingga lebih dari 2.500 orang yang tersebar di 37 lokasi di dunia. (Fajar/Inikata)