Membangun Mindset Berwirausaha, dr Udin: Mental Tujuan Harus Dikuatkan

INIKATA.co.id – Konsultan Inkubator UMKM Kota Makassar, dr Udin Malik hadir memberi pelatihan pra-inkubasi ke puluhan UMKM di Kantor Inkubator, Jl AP Pettarani, Jumat (7/7).

Pemuda yang berlatar belakang relawan dan pengusaha itu membawakan materi tentang Membangun Mindset Berwirausaha. Hal ini dilakukan Inkubator UMKM yang dinaungi langsung Pemerintah Kota Makassar agar terbentuk kepercayaan dan keinginan kuat untuk menciptakan dan membangun bisnis.

Baca juga:

Kemensos Dirikan Empat Dapur Umum di Lokasi Bencana Luwu

Dalam kesempatan tersebut, dr Udin Malik mengatakan pengalaman bisnis pertama tidak akan bisa langsung berhasil. Namun, jangan berhenti.

“Yang harus dikuatkan, mental tujuan. Kalau perlu mulai dari nol, jangan berputus asa,” ujarnya ditengah-tengah 28 pelaku UMKM yang hadir.

Membangun pola pikir jadi pebisnis harus punya mental tujuan.

Baca juga:

Bersama KORMI, dr. Udin Malik Angkat Kejayaan Olahraga Tradisional di Kalangan Milenial

Sebab, kata dr Udin Malik bisnis tidak semata-mata karena modal. “Memang modal salah satu, tetapi pola pikir yang utama. Bagaimana membangun kreativitas,” jelasnya.

“Orang berbisnis itu harus pintar mencari masalah dan melahirkan solusi,” tambahnya.

Pemuda yang pernah menjadi konsultan kesehatan dan bisnis di Zipline International (2019-2020) menilai bahwa yang terjadi saat ini
UMKM yang ada dominan terlalu mandiri.

“Beli bahan sendiri, olah sendiri, bungkus sendiri, jual sendiri, dan akhirnya dia beli sendiri,” kata pria yang juga merupakan Konsultan Kesehatan di Traveloka dan Speyside Consultant Agency (2021-sekarang).

“Seharusnya punya produsen dan dia punya penjual,” jelasnya.

Selain meningkatkan dan memperbaiki kualitas produksi, ini seharusnya dilakukan agar semakin terbuka lapangan kerja dan pekerjaan efektif.

“Terutama pemuda. Apalagi kita tahu saat ini dalam kondisi bonus demografi,” katanya.

“Ketika kita membuat bisnis jangan melihat orang yang datang itu adalah uang, tetapi untuk membantu orang,” tegasnya.(**)