Bupati Nganjuk Tertarik Belajar Pengembangan Pertanian Mandiri Benih yang Diinisiasi Gubernur Sulsel

INIKATA.co.id – Kabupaten Nganjuk dari Provinsi Jawa Timur melirik sejumlah inovasi Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Hal itu diakui saat Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Baca juga:

Entaskan Kemiskinan, Pemprov Sulsel Bagi 30 Ribu Ekor Ayam untuk 29 Ribu Rumah Tangga

“Kami menerima kunjungan Bapak Bupati Nganjuk, Provinsi Jawa Timur sekaligus bersilaturahmi. Kami menyampaikan Sulawesi Selatan memiliki beragam suku, budaya, pariwisata, pertanian dan kekayaan alam yang melimpah,” ujar Andi Sudirman.

“Bapak Bupati melirik dengan sejumlah prioritas kami, seperti pengembangan wisata yang diintervensi melalu bantuan keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota, maupun program Mandiri Benih,” tuturnya.

Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk memberikan bantuan benih padi gratis yang unggul. Benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel bekerja sama dengan para petani penangkar.

Baca juga:

Andi Sudirman Awali Kegiatan di Wajo dengan Berkunjung ke Taman Callaccu

Selama tahun 2022 hingga tahun 2023 ini, Pemprov Sulsel membagikan benih padi gratis untuk 200 ribu hektar lahan pertanian masyarakat.

Sementara itu, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, memuji program Mandiri Benih yang diinisiasi oleh Gubernur termuda di Indonesia itu. Bahkan dirinya berencana untuk mengarahkan OPD terkait didaerahnya untuk belajar mandiri benih.

“Ada beberapa poin yang kita ingin belajar (di Sulsel), termasuk pengembangan pertanian dan pengembangan wisata. Luar biasa. Kita lebih senior, tapi tidak salah kalau kita berguru pada yang muda-muda (Gubernur Andi Sudirman), untuk mengembangkan wilayah yang akan saya bawa ke Kabupaten Nganjuk,” bebernya.

Ia pun mengapresiasi sejumlah program Pemprov Sulsel yang lainnya. Termasuk kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

“Alhamdulillah saya mencoba untuk belajar Mas Gubernur (Andi Sudirman) karena masih muda, beliau orangnya energik, pintar, cerdas, ada beberapa point tadi kita pingin belajar. Keren pokoknya Sulsel,” pungkasnya.(**)