Karyawan Akui Kemampuan Yasir Machmud Pimpin PT SCI

INIKATA.co.id – PT SCI (Perseroda Sulsel) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan agenda penting meliputi pembahasan kinerja dan keuangan perusahaan, serta pergantian jajaran direksi.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur selaku pemegang saham yang diwakili oleh Marwan Mansur,  Aswandy, Ketua Koperasi Perseroda Sulsel, H.Murtir Jeddawi, selaku Komisaris Utama PT SCI , dan seluruh unsur Direksi dan Sekretaris Perusahaan PT SCI, serta Biro Ekbang.

Baca juga:

Berita Bahagia, MenPAN-RB Setujui Tukin ASN Kemenag Naik 80 Persen

Setelah menjabat selama dua tahun, tepatnya dari 5 Juli 2021 hingga 5 Juli 2023, Yasir Machmud resmi meninggalkan posisi tersebut.

Dalam tanggapannya, Gubernur memberikan penilaian positif terhadap kinerja perusahaan dan laporan keuangan yang fantastis di bawah kepemimpinan Yasir Machmud.

Pendapatan dari direksi sebelumnya meningkat menjadi 66% dan dalam masa 2022 hingga Mei 2023 menjadi 154%. dan selama masa jabatan Yasir Machmud persentase kenaikan pendapatan akumulatif mencapai 332%.

Baca juga:

Wajo Mulai Berbenah jadi Tuan Rumah Porprov XVIII 2026

Peningkatan fantastis ini mencerminkan kemampuan dan keberhasilannya mengembangkan perusahaan. Ia terbukti sebagai sosok yang berpengalaman dan berprestasi di dunia usaha, beliau juga dikenal sebagai seorang negosiator dan pemimpin visioner yang mampu mengambil keputusan strategis.

Dalam sambutannya Yasir Machmud mengemukakan bahwa PT.SCI berkembang karena kerjasama yang baik dari semua direksi dan karyawan. Gubernur Sulsel juga mensupport full, sehingga mampu melakukan pencapaian yg sangat luar biasa ini. Andi Sudirman Sulaiman yang menjadi cerminan kami para direksi selama menjalankan roda perusahaan.

Beliau adalah sosok yang inspiratif, penuh kejujuran, tegas, serta menjunjung tinggi moralitas dan independensi pemerintahan, beliau juga tidak ada toleransi jikalau berbicara tentang benar salah dalam kepemimpinan. Ungkap Yasir Machmud.

Sawedi Muhammad dosen Sosiolog Unhas menilai bahwa Yasir Mahmud telah menunjukkan kinerjanya yang fantastis selama menjabat sebagai Dirut.

“Beliau berhasil melakukan transformasi di PT. SCI meski pada saat menjabat masih dalam suasana pandemi Covid-19,” ujarnya.

Melalui tangan dinginnya Yasir dinilai mampu melakukan konsolidasi internal, merampungkan perencanaan strategis perusahaan dan mengeksekusi berbagai kegiatan di unit-unit bisnis PT SCI.

Salah satu yang monumental adalah memastikan penguasaan dan kepemilikan 24 unit ruko milik PT SCI yang bermasalah, mengamankan aset perusahaan Gedung Juang 45 , merevitalisasi manajemen dan tata kelola parkir dan merapikan manajemen dan pelayanan Hotel Grand Sayang Park.

Salah satu yang paling fenomenal dari prestasi Yasir Mahmud adalah merintis peran PT. SCI di industri pertambangan.

Berbagai gebrakan telah dilakukan untuk memastikan eksistensi PT. SCI dalam berperan aktif di hilirisasi nikel di kabupaten Luwu Timur. Gebrakan strategis ini seharusnya dilanjutkan oleh siapapun yang menggantikannya.

RUPS yang digelar hingga sore hari dilanjutkan dengan sertijab direktur utama yang baru. Direkrur Utama yang baru terpilih adalah Rendra Darwis, ST yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional dimasa kepemimpinan Yasir Machmud.

Akmal Patangngari, salah satu karyawan senior yang telah mengabdi selama 18 tahun, mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Dirut baru yang berhasil menggerakkan roda perusahaan dengan cepat.

“Dalam waktu singkat, Yasir Machmud berhasil mengubah PT SCI menjadi perusahaan yang berkelas. Kepemimpinan Yasir yang visioner membantu kami untuk bekerja secara profesional dan terarah,” uarnya.

Pada malam perpisahan setelah serah terima jabatan, Akmal terharu dan menangis sambil memeluk Yasir. Ia merasa haru karena PT SCI akan kehilangan sosok yang sangat berarti.

Dalam sambutan Ketua Koperasi Perusda Sulsel, Aswandy juga mengungkapkan perasaan emosional dan sedih karena menganggap Yasir sebagai sosok panutan yang tak pernah marah kepada bawahannya.

“Bahkan, beliau sering mengajak karyawan untuk bercengkrama dan menikmati kebersamaan di waktu senggang. Dia adalah sosok pemimpin yang bersahaja dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap para karyawan,” tuturnya.

Peran Yasir Machmud sebagai Dirut PT SCI telah memberikan dampak positif bagi karyawan dan perusahaan. Kepergiannya akan menjadi tantangan baru bagi direksi PT SCI yang baru untuk mempertahankan dan membangun prestasi yang telah diraih.(**)