Lomba Inovasi Daerah 2023 Digelar di Wajo

INIKATA.co.id – Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Pemkab Wajo menggelar kegiatan Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Wajo, Andi Pallawarukka menjelaskan bahwa Lomba Inovasi Daerah ini merupakan upaya untuk mendorong tumbuhnya inovasi di Kabupaten Wajo.

Baca juga:

Personel Kodim 1416/Muna dan Polres Muna Silaturahmi Dengan Warga

Baik dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, maupun inovasi lainnya yang dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Lomba ini juga sebagai media untuk memberikan pengakuan dan apresiasi terhadap pelaku inovasi yang ada di Kabupaten Wajo,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (24/6/2023).

Tahapan pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah ini berlangsung lebih sebulan, dimulai dari tahap sosialisasi yang telah dilaksanakan pada 5 Juni 2023.

Baca juga:

Program Ketahanan Pangan, Pj Gubernur Sulsel Tebar Jutaan Benih Ikan di Danau Tempe 

Kemudian pengumpulan hardcopy Profil Inovasi dan penginputan tanggal 5 sampai dengan 30 Juni 2023, presentasi  dan wawancara tanggal 10 sampai dengan 12 Juli 2023 dan validasi lapangan tanggal13 Juli 2023.

Lalu, Penilaian akhir tanggal 13 dan 14 Juli 2023 sekaligus penetapan pemenang lomba. “Pemberian penghargaan bagi pemenang direncanakan pada tanggal 17 Juli 2023. Jadwal presentasi hingga pemberian penghargaan sifatnya tentatif,” jelasnya.

Lomba Inovasi Daerah ini, lanjutnya dapat diikuti oleh Bupati/Wakil Bupati, Anggota DPRD, ASN, Perangkat Daerah (pemerintah kelurahan/kecamatan dan dinas/badan), Kepala Desa dan Masyarakat/Pelajar/Mahasiswa lingkup Kabupaten Wajo.

Mantan Camat Tempe ini juga menyebutkan bahwa ada 3 kategori inovasi pada Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2023 yaitu Inovasi tata kelola pemerintahan, Inovasi pelayanan publik dan Inovasi daerah lainnya.

“Kami berharap semoga kegiatan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Wajo Tahun 2023 ini bisa memotivasi dan meningkatkan minat masyarakat terhadap pengembangan inovasi dan mampu melahirkan inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

“Kami juga menyiapkan hadiah  uang tunai dan plakat atau srrtifikat bagi masing-masing Top 9 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Wajo tahun 2023. Lomba ini terbuka untuk umum,  ayo segera daftarkan inovasimu,” pungkasnya.(mst)