Makassar Kota Kedua Gelar Wisuda Imunisasi di Indonesia

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar Wisuda Imunisasi Tingkat Kota Makassar Tahun 2023 di Hotel Claro Makassar, Kamis (22/6/2023). Wisuda imunisasi ini diikuti sebanyak 222 anak PAUD di Kota Makassar.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Makassar, UNICEF, dan mitra UNICEF, Yayasan Jaya Celebes. Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak. Sejauh ini, layanan imunisasi baru dilaksanakan di lima puskesmas dan 11 PAUD di Kota Makassar.

Baca juga:

Jelang F8, Disbud Makassar Komitmen Meriahkan Festival Dengan Penari Budaya Keren

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Kota Makassar, Mariani mengungkapkan kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar di Kota Makassar dan menjadi kota ke dua yang menggelar Wisuda Imunisasi di Indonesia. Wisuda Imunisasi ini diadakan sebagai penanda bahwa anak-anak tersebut telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin.

Mariani menyebut kegiatan ini menyasar anak-anak PAUD karena mereka merupakan kelompok yang seharusnya telah menerima imunisasi dasar lengkap pada usia 24 bulan. Pasalnya, kata dia, imunisasi merupakan hak setiap anak, sehingga berhak mendapatkan imunisasi yang lengkap dan teratur hingga usia sekolah.

“Anak-anak yang sudah di wisuda imunisasi hari ini sebagai penanda bahwa semua imunisasinya telah terpenuhi (lengkap),” ungkap Mariani.

Mariani menyebut alasan dipilihnya konsep wisuda untuk menandai anak-anak yang telah mendapatkan imunisasi lengkap dasar dan imunisasi rutin, karena imunisasi diibaratkan sebagai sebuah proses pendidikan. Hal ini dikaitkan dengan momen penamatan sekolah bagi anak-anak, sehingga kegiatan wisuda imunisasi menjadi perayaan penyelesaian program imunisasi yang mereka terima.

“Kesiapannya memang imunisasi menjadi sesuatu yang rutin bagi kami, akan tetapi belum pernah dilakukan dikemas dalam bentuk wisuda,” ujar Mariani.

Maka dari itu, Mariani berharap kedepannya Pemerintah Kota Makassar dapat mereplikasi kegiatan ini untuk dilakukan di semua PAUD dan di 47 puskesmas di Kota Makassar. “Inikan masih piloting. Sehingga Pemkot Makassar bisa melakukan hal yang sama untuk semua PAUD yang ada di Kota Makassar dan dinas terkait,” tutup Mariani. (**)