Pemda Lutra Optimistis Raih Penghargaan KLA Nindya

INIKATA.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara optimistis dapat meraih hasil maksimal pada penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun ini.

Jika pada 2017 dan 2018 Pemda Luwu Utara meraih penghargaan KLA kategori Pratama, yang dilanjutkan dengan penghargaan KLA kategori Madya pada 2019 – 2022, maka tahun ini, kategori Nindya bukan lagi sekadar mimpi, melainkan sudah bisa menjadi nyata.

Baca juga:

Bocah 11 Tahun di Pinrang yang Tenggelam Ditemukan dalam Kondisi Tak Bernyawa

KLA kategori Nindya adalah penghargaan KLA dengan kategori lebih tinggi di atas Pratama dan Madya. Dan tahun ini, harapan Pemda Kabupaten Luwu Utara untuk naik kelas sudah tak bisa ditahan lagi.

Optimisme yang begitu tinggi tersebut disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas KLA Kabupaten Luwu Utara, Drs. H. Aspar, saat memimpin Rapat Penguatan Gugus Tugas KLA, Kamis (15/6/2023), di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara.

“Kabupaten Luwu Utara sudah siap mengikuti kompetisi KLA 2023 dengan harapan akan meraih penghargaan Nindya,” ucap Aspar dengan nada penuh semangat. Optimisme yang dilontarkan Kepala Bappelitbangda ini untuk dapat naik kelas tentu bukan tanpa alasan yang kuat. Ia mengungkapkan bahwa saat verifikasi lapangan dilakukan pada 12 Juni 2023, Luwu Utara memperoleh angka minimal untuk Nindya, 720,13, dari angka maksimal, yaitu 925,25.

Baca juga:

256 Peserta Ikuti Kompetisi Domino Pordi Luwu Utara

“Kita telah melakukan evaluasi, sekaligus melengkapi dan merampungkan seluruh dokumen pendukung yang dibutuhkan, termasuk indikator lima klaster penilaian KLA, yang insya Allah akan dilaksanakan 16 Juni 2023 (hari ini-red) di Aula La Galigo Kantor Bupati,” ucap Aspar. Untuk itu, kata dia, semua PD sudah menyatakan optimismenya untuk segera menaikkan kelas Kabupaten Luwu Utara dari KLA Madya menjadi KLA Nindya.

“Tahun ini kita optimistis akan meraih peringkat yang lebih tinggi, yaitu peringkat Nindya. Ini bukan tanpa alasan karena hasil verifikasi yang telah dilaksanakan pada Senin 12 Juni 2023 yang lalu setelah verifikasi itu mencapai 720,13. Dengan angka ini saja prasyarat untuk mendapatkan penghargaan predikat KLA Nindya sudah di tangan,” ucapnya dengan nada optimis.

“Mudah-mudahan besok 16 Juni 2023 (hari ini-red) semua PD minimal bisa bertahan di angka 720,13 dengan kelengkapan dokumen dan indikator-indikator penilaian semua terpenuhi dan kalau bisa pemenuhan kekurangan dokumen dan indikator-indikator KLA bisa dipenuhi besok, berarti nilai 925,25 bisa kita raih dan kalau begitu, insya Allah penghargaan KLA Nindya bisa diraih oleh Luwu Utara secara mulus,” pungkasnya.(**)