Dinas Kominfo Bone Gelar Sosialisasi Forum Data

INIKATA.co.id – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone menggelar Sosialisasi Forum Data dalam rangka Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah Kabupaten Bone.

Kegiatan tersebut digelar di Baruga La Teya Riduni, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Jalan Petta Ponggawae, Kamis (15/6/2023).

Baca juga:

Hujan Turun saat Kunker Panen Padi, Bupati Pinrang: Kedatangan Pj Gubernur Sulsel Membawa Berkah

“Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah Kabupaten Bone akan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan dinas Kominfo dan persandian Kabupaten Bone,” kata Subhan Ketua Panitia Pelaksana.

Kata dia, Jumlah peserta yang diundang terdiri dari 66 orang terdiri dari para pimpinan OPD Bone dan Camat Se-Kabupaten Bone.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yakni 15 juni 2023, waktu pelaksanaan pukul 13.00 wita bertempat di aula la Teya Riduni,” pungkasnya.

Baca juga:

Pemkab Bone Raih WTP 8 Kali Berturut-turut

“Kegiatan ini diharapkan memberikan masukan dan pemahaman kepada para peserta, terkait pelaksanaan kegiatan forum data Kabupaten Bone dalam rangka pemenuhan peraturan Presiden RI nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia” lanjut Kabid Persandian Diskominfo Bone ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Bone mengatakan, sangat tepat hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan forum data sebagai tindak lanjut instruksi Presiden RI tentang satu data Indonesia.

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan sinergitas semua OPD melalui forum satu data untuk pembangunan Kabupaten Bone kedepan” bebernya.

“Kami berharap kerja sama kolaborasi sinergitas oleh OPD dan Pelaku kepentingan sehingga mampu merumuskan kepentingan yang berbasis data,” ungkap A. Muslam.

Staf ahli Bupati Bone bidang Kesra dan pemberdayaan masyarakat A. Alimuddin mengatakan, saya berharap forum data ini menjadi bagian dari upaya kita untuk menjabarkan dan mengintegrasikan program satu data Indonesia dan satu data Sulawesi Selatan sebagaimana yang telah disepakati pada pertemuan forum data tingkat provinsi sulsel, beberapa waktu lalu di Makassar.

“Forum data merupakan salah satu cara untuk melakukan sinkronisasi data agar program satu data dapat berjalan dengan baik,” Katanya.

Dikatakannya lagi, untuk itu sesuai dengan semangat Reformasi birokrasi, ia berharap forum data ini menjadi salah satu patron untuk meningkatkan kinerja yang dimulai dari data yang tepat, akurat, akuntabel dan mutakhir.

“Oleh Karena itu, saya mengintruksikan kepada seluruh tim yang terlibat dalam forum data terutama Bapedda dan dinas Kominfo Bone sebagai walidata untuk melakukan optimalisasi dan asistensi yang intensif dalam pemenuhan kebutuhan data di Kabupaten Bone,” harap A. Alimuddin.(lim)