Wasit Liga Indonesia Dibenahi, Erick Thohir Gandeng Federasi Sepakbola Jepang

INIKATA.co.id – Pengamat sepak bola nasional Sigit Nugroho mengakui langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta komite bantuan pada Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) terkait masalah wasit di Liga 1 Indonesia sangat tepat.

Pasalnya, masalah wasit hingga saat ini masih menjadi masalah tersendiri dimana sebagian besar klub mempermasalahkan kepemimpinan wasit di Liga Indonesia. Bahkan, berdasarkan laporan yang diterima pihak penyelenggara, laporan terbanyak datang dari klub karena menilai kepemimpinan wasit kurang tepat.

Baca juga:

PSM Makassar Dijatuhi Sanksi Berlapis dari Komdis PSSI

“Saya kira itu punya 2 manfaat ganda. Pertama, JFA senang dimintai bantuan PSSI, artinya mereka mendapat apresiasi. Kedua, tentu akan ada semacam shock therapy,” kata Sigit Nugroho kepada wartawan, Sabtu (3/6).

Menurut Sigit, PSSI dan para petinggi wasit sudah memahami permasalahan tersebut, namun ada beberapa faktor yang membuat permasalahan wasit ini terselesaikan. Untuk itu, lewat kerja sama dengan JFA ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan wasit.

“Sebenarnya PSSI dan petinggi perwasitan sudah paham masalah wasit. Tapi “faktor non teknis” yang membuat keputusan wasit di lapangan seolah konyol. Dengan sentuhan langsung orang Jepang, faktor non teknis tereduksi,” ucapnya.

Baca juga:

Timnas Indonesia vs Palestina, ini Harapan Erick Thohir