10 Orang di Bulukumba Gagal Berangkat Haji, Ini Penyebabnya

INIKATA.co.id – Sebanyak 10 Jamaah Calon Haji (JCH) Bulukumba, Sulawesi Selatan gagal berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi menunaikan ibadah haji 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba Muhammad Yunus melalui keterangannya diterima di Makassar, Kamis, mengungkapkan terdapat 10 JCH asal Bulukumba dinyatakan gagal berangkat ke tanah suci pada musim haji 1444 H / 2023 M karena tidak mampu melunasi biaya perjalanan hajinya.

Baca juga:

Gedung MAN 1 Makassar Terbakar Akibat Pemadaman Listrik, PLN Janjikan Bantuan

“Karena tidak dapat melunasi biaya perjalanan hajinya hingga masa akhir pelunasan, akhirnya diputuskan 10 orang JCH itu batal berangkat,” ujarnya.

Muhammad Yunus mengatakan untuk kuota JCH Kabupaten Bulukumba sebanyak 385 orang dan 10 diantaranya tidak dapat melunasi biaya perjalanan hajinya.

Adapun mereka semua yang batal berangkat itu terkendala berbagai hal seperti ada yang sedang hamil, meninggal dunia, sakit dan kendala keuangan (istita’ah).

Baca juga:

Penerimaan SK PNS Jadi “Kado” HUT RI di Bulukumba

Meskipun terdapat 10 orang JCH Bulukumba yang tidak melunasi BPIH, namun Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Bulukumba mengantisipasinya dengan menyiapkan 24 orang JCH cadangan dan telah melengkapi segala yang dipersyaratkan untuk dapat diberangkatkan ke Tanah Suci.

Selain menyiapkan 24 orang JCH cadangan, Kemenag Bulukumba juga mendapatkan 6 kuota jemaah lansia, sehingga total Bulukumba yang memungkinkan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 402 orang.

“Kuota awal 385 orang jamaah calon haji, kemudian disiapkan cadangan 24 orang ditambah enam orang kuota jamaah lansia, sehingga total ada 402 JCH yang memungkinkan untuk diberangkatkan,” ucapnya. (Fajar/Inikata)