Inspektorat Enrekang Dapat Sertifikat SPIP Dari BPKP

INIKATA.co.id – Inspektorat Enrekang mendapat Sertifikat Kapabilitas SPIP level 3 dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat (BPKP) Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan sertifikasi dilakukan pada acara Rakor Peningkatan Maturitas SPIP menuju Level 3 dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel Rizal Suhaili kepada Sekda Enrekang Baba.

Baca juga:

Amran Mahmud Optimis Raih Swasti Saba Wistara ke-5

Acara inipun selaku leading sektor  didampingi Inspektur Daerah Asrul Lode dihadapan seluruh Kepala Perangkat Daerah dan seluruh camat se-Kabupaten Enrekang di pendopo rujab Bupati Enrekang.

Dikatakan Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Rizal Suhalli mengatakan SPIP menuju Level 3 dan APIP level 3  artinya inspektorat telah mampu menjalankan pengendalian internal.

SPIP atau Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah proses yg integral pada tindakan yang dilakukan  secara terus menerus oleh Pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi.

“Dari proses tersebut melalui kegiatan yang efisien dan efektif, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan peraturan perundangan menjadi variabel dalam penilaian,” jelas Rizal Sahali.

Sedangkan Sekda Baba menyampaikan dengan penghargaan Kapabilitas APIP level 3 ini menjadi bukti kemampuan dan kapabilitas Inspektorat dalam melakukan pengawasan secara internal.

“Level 3 artinya kemampuan APIP telah sanggup melakukan penilaian tentang efesiensi, efektivitas, ekonomisnya suatu kegiatan serta konsultasi tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal,” ucapnya.

Lanjut Sekda Enrekang itu berharap melalui capaian ini sebagai bentuk wujud nyata dalam melakukan penguatan-penguatan terhadap kegiatan pengawasan di Enrekang.

“Saya berharap melalui Prestasi ini dapat mendorong Inspektorat Enrekang untuk meningkatkan kapabilitas dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk dapat lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.(sam)