Boyong Ratusan Simpatisan, PPP Resmi Daftarkan Bacalegnya di KPU Sulsel

INIKATA.co.id – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Sulsel resmi mendaftarkan bakal calon legislatifnya (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Rabu (10/5).

PPP Sulsel mendatangi KPU Sulsel diantar ratusan simpatisan. Juga hadir H. Hatta Rahman, H. Burhanuddin Baharuddin, Andi Liu Were La Tinro, Misriani Ilyas, Yusran Sofyan.

Baca juga:

Kampanye di Bone, Anies Baswedan Dijadwalkan Menginap di Rumah Jusuf Kalla

PPP jadi partai kedua yang secara secara sah mengajukan bacalegnya ke KPU Sulsel, setelah sebelumnya PKS pada Senin (8/5/2023).

Dalam proses pengajuan via online Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU, PPP juga mengalami kendala. Seperti dengan PKS, berkas pengajuan PPP Sulsel belum disetujui (approved) oleh DPP PPP.

“Dalam waktu 5 sampai 10 menit itu semua sudah selesai, jadi sebenarnya tidak ada masalah. Kami 100 persen sudah siap untuk menyelesaikan pendaftaran,” kata Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan, dalam jumpa pers usai menyetor berkas, di Kantor KPU Sulsel.

Lebih lanjut, Fauzan mengatakan, PPP mengisi penuh kuota dari 11 dapil yang tersedia untuk kursi DPRD Sulsel, yakni 85 bacaleg.

“Termasuk Toraja, Toraja Utara kami ada caleg,” ucapnya.

Perihal kuota perempuan, Fauzan mengatakan, PPP juga telah mengisi jatah 30 persen yang dipersyaratkan oleh KPU.

“Kami tidak menghitung pasti berapa total tapi perkiraan kami itu ada diangka 35 sampai 40 persen bacaleg perempuan,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulsel itu mengakui, kemungkinan anggota bacalegnya berubah di tengah jalan sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT).

Ia pun masih memberi kesempatan kepada tokoh di Sulsel yang ingin mengajukan diri sebagai calon anggota legislatif di DPRD Sulsel, untuk bergabung di PPP.

“ECS ini masih berpotensi berubah. Kalau nomor urut itu sudah paten tidak ada perubahan dan kalau ada perubahan itu hanya perubahan bacaleg. Petahana nomor urut 1 prioritas karena itu sudah menjadi aturan kami,” terangnya.

Fauzan pun membeberkan sejumlah amunisi baru yang akan ikut berebut kursi di DPRD Sulsel. Beberapa diantaranya merupakan anggota DPRD di kabupaten/kota saat ini.

“Ada Pak Azis Namu (Anggota DPRD Makassar) yang maju di dapil Makassar B. Kemudian Ketua DPRD Gowa (Rafiuddin), kemudian Ketua DPRD Bantaeng (Hamsyah Ahmad), Ketu DPRD Luwu (Rusli Sunali). Itu beberapa orang yang bakal maju ke provinsi,” pungkasnya.

Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan, PPP Sulsel merupakan partai kedua setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah melakukan pendaftaran.

“Hari ini hari ke 10 dan ini partai yang kedua, kami memang sangat berharap parpol lebih awal datang. Alhamdulillah hari ini PPP datang, menurut saya ini lebih awal karena hari ini tanggal 10,” ucap Faisal.(rik)