Hasil Survei Terbaru: Warga Makin Puas dengan Kinerja Jokowi

INIKATA.co.id – Hasil riset Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menguat dalam beberapa bulan terakhir.

Tren kenaikan itu terlihat sejak periode Oktober 2022, Desember 2022, Februari 2023, sampai April 2023.

Baca juga:

Respon PDI Perjuangan Soal Wacana Ganjar-Anies di Pilpres 2024

Direktur SPIN Igor Dirgantara saat menjelaskan hasil survei di Jakarta, Senin, menyampaikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf pada April 2023 mencapai 69,8 persen dari 1.230 responden yang disurvei.

Tingkat kepuasan itu naik dari angka pada survei beberapa bulan sebelumnya yaitu pada Februari 2023 (65,7 persen), Desember 2022 (62,1 persen), dan Oktober 2022 (58,9 persen).

“Tentu sentimen positif yang terus naik trennya terhadap kinerja pemerintahan selain didorong oleh kinerja Presiden Jokowi, juga diduga berasal dari kinerja jajaran para menterinya yang konkret,” kata Igor.

Baca juga:

Keberpihakan Presiden Jokowi di Pemilu “Hancurkan” Prinsip Netralitas ASN

Terlepas dari hasil itu, survei SPIN menunjukkan ada 14,6 persen responden yang mengaku belum puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Oleh karena itu, SPIN lanjut meneliti kementerian yang dinilai kinerjanya konkret. Hasilnya, Kementerian Pertahanan menempati urutan pertama dengan perolehan 16,8 persen suara responden, kemudian diikuti Kementerian Sosial (14,2 persen), dan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (8,2 persen).

Kemudian, Kementerian Perhubungan menempati urutan ketiga dengan perolehan 8,2 persen, diikuti oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada urutan keempat 5,8 persen.

Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menempati urutan kelima dengan perolehan masing-masing 4,8 persen.

Walaupun demikian, masih ada responden yaitu 3,9 persen dari mereka yang menilai kementerian belum menunjukkan kinerja konkret.

Tidak hanya terkait kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, survei SPIN juga menyoroti beberapa nama yang dianggap potensial maju sebagai calon presiden saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Beberapa pertanyaan survei yang diajukan terkait tingkat elektabilitas beberapa tokoh, dan partai politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Setidaknya ada 1.230 responden yang terlibat dalam survei SPIN. Survei digelar melalui wawancara via telepon pada 27 April 2023 sampai dengan 4 Mei 2023.

Direktur SPIN menyebut margin of error hasil survei lembaganya kurang lebih 2,8 persen. (Fin/Inikata)